5 Syarat Pengajuan KPR

News

5 Syarat Pengajuan KPR

20 June 2021

Bagi kebanyakan orang, membeli rumah secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah) menjadi pilihan. Faktor keuangan menjadi alasan utama kenapa KPR menjadi metode pembelian rumah yang populer.

Karena dengan KPR anda bisa memiliki rumah tanpa memerlukan waktu yang lama hingga jumlah tabungan anda cukup untuk membeli rumah secara tunai.

Apa itu KPR?

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan/agunan berupa rumah dengan skema pembiayaan hingga 90% dari harga rumah.

Untuk bisa mengambil KPR, anda harus membayar DP atau uang muka, sehingga pembiayaan dari bank tidak seluruhnya (100%) dari harga pembelian, yang mana ketentuan minimum DP ditetapkan BI paling kecil 10% dari harga beli properti.

anda sebagai nasabah harus mencicil pinjaman dengan angsuran setiap bulan selama tenor masa hutang yang telah disepakati. Suku Bunga ditentukan dengan skema tertentu, ada bunga tetap dan ada bunga floating (mengikuti bunga pasar).

Sedangkan jaminan/agunan yang diperlukan untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri untuk KPR Pembelian.

Syarat Pengajuan KPR

Dari batas umur, umumnya untuk persyaratan umur minimal 21 tahun hingga maks. 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun untuk pengusaha saat masa kredit berakhir.

Yang penting anda perhatikan adalah batasan usia paling tua dihitung ketika cicilan KPR selesai. Artinya, anda harus menambahkan usia sekarang dengan rencana tenor pinjaman untuk mendapatkan usia maksimum.

Misalkan, usia anda sekarang 45 tahun dan rencana mengambil KPR selama 15 tahun, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman KPR anda ditolak karena melebihi usia maksimum, 55 tahun, saat pinjaman berakhir. Anda hanya bisa mengajukan masa pinjaman paling lama 10 tahun.

Persyaratan Dokumen Pribadi untuk Pengajuan KPR

Biasanya untuk dokumen yang dibutuhkan adalah: Fotokopi KTP (suami istri), Kartu Keluarga, Surat Nikah, Surat asli keterangan kerja (pegawai), SK Pengangkatan pegawai terakhir asli atau Kartu Taspen (bagi pegawai negeri), Fotokopi rekening Koran 3 Bulan terakhir (wiraswasta) dan NPWP Pribadi.

Anda sebaiknya mulai mempersiapkan dokumen sejak dini saat Anda memutuskan menggunakan kredit KPR. Karena kemungkinan beberapa dokumen tidak bisa cepat Anda dapatkan.

Bersih dari BI Checking

Bank akan melakukan pengecekan riwayat keuangan anda di BI checking. Tujuannya memastikan bahwa anda memiliki catatan kredit yang baik dan bersih. Selain itu untuk menghindari kemungkinan kredit macet karena tidak bisa memenuhi kewajiban.

Keterangan Penghasilan

Bank akan meminta bukti anda berpenghasilan tetap; untuk pegawai bisa memberikan slip gaji asli dan fotokopi rekening koran dari 3 bulan terakhir, sedangkan untuk pengusaha cukup dengan fotokopi rekening koran dari 3 bulan terakhir.

Kegunaanya sebagai bukti bahwa anda sanggup untuk membayarkan sejumlah angsuran yang sudah ditetapkan setiap bulannya.

Melunasi DP Rumah Sebelum Mengajukan KPR

Anda diharuskan melunasi DP rumah terlebih dulu sebelum mengajukan KPR ke bank, pilih juga bank yang bekerja sama dengan developer tempat anda membeli rumah.

Sebagai bahan pertimbangan anda, pengambilan kredit di bank yang sudah bekerjasama dengan developer juga lebih mudah. Apalagi jika status rumah masih indent, belum jadi, yang mana hanya bank yang sudah kerjasama dengan developer yang mau memberikan kredit ke rumah indent.

Cek dengan Simulasi KPR

Untuk mengetahui perkiraan jumlah DP dan angsuran bulanan yang harus anda bayarkan anda bisa melakukan simulasi pembayaran pada tautan simulasi KPR dibawah ini.

Simulasi KPR BRI

Kesimpulan

Rumah adalah impian semua orang, karena dengan memiliki rumah anda bisa menyediakan tempat tinggal yang layak dan baik bagi keluarga tercinta anda.

KPR menjadi andalan sebagian besar orang. Dengan bantuan kredit rumah ini, impian orang bisa memiliki rumah menjadi terwujud.

Semoga melalui tips dan sharing yang kami bagikan di atas membuat pengajuan KPR anda disetujui bank dan membantu anda memiliki rumah idaman.

Bila ingin berkonsultasi dengan kami mengenai persyaratan membeli rumah secara KPR bisa menghubungi tim kami di

Live Chat Website

No. Telp (+62 21) 7538883 atau

WhatsApp 0878 7777 8883

Share this News:

Latest News