7 Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu untuk Keluarga

News

7 Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu untuk Keluarga

19 February 2021

Saat berkunjung ke sebuah rumah seseorang, ruangan pertama yang anda lihat adalah ruang tamu rumah tersebut. Hal ini membuat desain interior ruang tamu menjadi representasi dari keseluruhan rumah.

Jadi, tidak salah jika anda perlu memberikan perhatian lebih pada desain interior ruang tamu yang ada pada rumah anda.

Membahas mengenai desain interior ruang tamu sendiri, ada banyak sekali gaya dalam interior yang sedang tren. Berbagai gaya desain interior ruang tamu bisa anda pilih sesuai dengan model dari rumah anda.

Ada beberapa gaya interior ruang tamu yang kini tengah populer untuk referensi interior ruang tamu impianmu, Mari kita lihat bersama.

1. Bergaya Desain Interior Industrial

Desain Interior Industrial

Source: Envato

Gaya desain interior ruangan tamu industrial termasuk memiliki banyak peminat. Kesan industrial ini juga tak jarang ditemukan pada model interior ruang tamu beberapa orang.

Material-material mentah yang terekspos, juga penggunaan ornamen serta elemen industrial yang lazimnya tak ditemukan pada desain interior hunian bisa anda tonjolkan pada desain interior ini.

2. Ruang Tamu dengan Desain Interior Vintage

Desain Interior Vintage

Source: Envato

Inspirasi interior ruang tamu selanjutnya adalah interior ruang tamu bergaya vintage. Berbeda dengan gaya sebelumnya, interior ruang tamu ini justru menghidupkan kesan yang lebih hangat.

Tamu anda akan dibawa melalui perjalanan waktu, saat mereka masih tinggal bersama orang tua atau saat mereka berkunjung ke rumah nenek. Kesan itulah yang ingin diciptakan desain interior ini.

Ciri khas dari desain vintage adalah penggunaan furniture bergaya tempo dulu dan juga pengaplikasian warna-warna pastel yang ringan. Memadukan interior ruang tamu ini dengan material alami seperti rotan atau furnitur bermaterial alami seperti kursi bambu membuat konsep ruang yang terbuka bisa menjadi pilihan sempurna untuk membuat interior ruang tamu yang nyaman.

3. Sentuhan Interior Scandinavian

Desain Interior Scandinavian

Source: Envato

Untuk kamu yang ingin memiliki interior ruang tamu yang terkesan rapi dan bersih tanpa mengurangi nilai estetika, inspirasi interior Scandinavian ini bisa jadi pilihan atau referensi anda.

Didominasi warna monokrom dan juga penggunaan perabot bergaya Scandinavian yang minimalis, desain interior terlihat rapi dan menarik.

Kamu juga bisa melengkapi desain interior ruang tamu ala Scandinavian dengan rak gantung dan dekor artistik modern untuk memberikan kesan artsy pada interior ruang tamu tanpa mengurasi suasana Scandinavian yang dimilikinya.

4. Mengembalikan Retro Style

Desain Interior Retro

Source: Envato

Bila anda memiliki jiwa bebas dan eksentrik, desain interior ruang tamu yang satu ini bisa jadi pilihan dan referensi anda. Penggunaan warna-warna kontras khas retro sangat dominan pada desain interior ini.

Anda bisa melengkapinya tambahan aksen dekorasi pop art, atau sebuah poster besar “Campbell Soup Can” karya Andy Warhol.

Untuk memperkuat kesan retro, kamu bisa memilih penggunaan perabot yang sedikit antik khas desain vintage yang dipulas dengan warna-warna kontras. Interior ruang tamu seperti ini akan memberikan kesan unik dan eksentrik yang kuat pada siapapun yang melihatnya.

5. Desain Interior Etnik yang Menarik

desain interior etnik

Source: Envato

Salah satu pilihan yang sederhana untuk memberikan kesan hangat pada interior ruang tamu adalah dengan penggunaan material alami dan lokal yang umumnya sering kita lihat sehingga mampu memberikan kita kesan homey.

Anda bisa menggunakan perabot kayu jati, seperti mebel Jepara atau pintu gayor khas Bali. Selain itu anda juga bisa melengkapi ruangan dengan dekorasi ukiran khas Dayak, atau patung dari Asmat.

6. Ruang Tamu Bergaya Rustic

desain interior rustic

Source: Envato

Desain interior ruang tamu selanjutnya ini adalah pilihan paling cocok untuk anda yang menginginkan kesan natural dan hangat, namun ingin tetap tampil beda dan unik.

Gaya rustic pada desain interior kini mulai digemari kembali. Penggunaan material rustic yang terekspos seperti material lantai kayu atau besi menjadi ciri khas dari gaya interior satu ini.

Setiap model dan gaya interior ruang tamu tidak hanya memiliki nilai estetika yang berbeda tetapi juga suasana yang berbeda.

Bila anda ingin melatih kreativitas, anda bisa memaksimalkan barang-barang yang anda temukan di pasar loak atau barang bekas tak terpakai, menjadi perabot atau aksen dekorasi ruang tamu rustic anda.

7. Desain Interior Ruang Tamu Minimalis

desain interior minimalis

Source: Envato

Bagi penggemar desain modern yang tidak ingin kebingungan dalam menentukan seperti apa interior ruang tamu yang cocok untuk rumah anda, desain interior ruang tamu minimalis adalah pilihan yang paling aman.

Penggunaan warna-warna dasar dan juga furniture yang minimalis, seperti sofa abu-abu atau meja bar putih membuat penampilan rumah secara keseluruhan terasa lebih modern dan kekinian.

Terlebih lagi konsep arsitektur dan facade dari Lavanya Hills Residences yang modern dan minimalis sangat sejalan bila anda memilih ruang tamu rumah anda dengan konsep desain interior ini.

Baca juga beberapa inspirasi desain interior rumah minimalis

Terlepas dari tema ruang tamu anda, suasana rumah dan lingkungan sekitar anda lah yang paling memegang peranan. Apakah tamu anda bisa sangat betah berlama-lama di rumah anda, atau justru tidak sabar untuk segera beranjak dari sana?

ruang tamu tipe lalima lavanya hills residences

Desain Interior Tipe Lalima

Lavanya Hills Residences memang terletak di kawasan Cinere yang sedang berkembang. Lokasi perumahannya terpisah jauh dengan jalan raya, sehingga anda tidak akan terganggu dengan kebisingan jalan raya.

Selain itu one-gate system yang diberlakukan selama 24 jam, akan menjamin keamanan anda selama bertamu ke perumahan eksklusif ini.

Apakah anda tertarik untuk tinggal di hunian semacam ini?

Jika anda tertarik akan detail dan fitur yang bisa anda dapatkan di Lavanya Hills Residences, anda bisa menghubungi kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883.

Share this News:

Latest News