7 Produk Sederhana Pendukung Go Green Living

News

7 Produk Sederhana Pendukung Go Green Living

29 March 2021

Isu global warming atau pemanasan global sudah menjadi kampanye yang senantiasa digaungkan oleh banyak orang dari dulu. Namun pada kenyataannya masih sedikit dari kita yang benar-benar turut serta mendukung pola hidup go green living ini dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi ancaman bencana banjir masih menjadi momok bagi warga ibukota dan sekitarnya dari tahun ke tahun.

Apa yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi dalam kampanye lingkungan ini?

Kita bisa memulainya dari hal paling sederhana dari kehidupan kita. Kita bisa mengganti beberapa barang sehari-hari, yang terkesan remeh namun ternyata berdampak pada kerusakan lingkungan.

Apakah saja itu?

1. Tote Bag Pengganti Plastik

tote bag

“Bawa sendiri kantong belanjamu.”

Pasti anda sering mendengar slogan ini di minimarket terdekat. Ya, anda bisa membiasakan diri untuk selalu membawa tote bag setiap kali anda akan berbelanja bulanan, atau hanya sekedar pergi ke minimarket untuk membeli cemilan.

Anda sudah turut serta berpartisipasi menekan jumlah sampah plastik.

2. Tumbler

tumbler

Air mineral dalam kemasan memang sangat praktis, namun tanpa sadar anda sudah turut menyumbangkan puluhan ribu sampah botol plastik ke bumi ini. Dan itu hanya dari anda seorang diri!

Dengan membiasakan diri membawa tumbler atau botol minum anda sendiri yang bisa anda cuci dan pakai lagi, bisa menekan penambahan sampah botol plastik setiap tahunnya.

3. Lunch Box

lunch box

Selain mengurangi sampah pembungkus makan siang anda, dengan membawa lunch box dari rumah juga bisa membuat anda menghemat pengeluaran harian anda. Selain itu kebersihan makanan yang kita konsumsi juga akan lebih terjaga.

4. Sedotan Stainless atau Bambu

sedotan stainless steel

Sedotan plastik bisa dibilang, kini sudah hampir punah dari rumah makan. Walaupun kecil, sedotan plastik juga merupakan salah satu penyumbang elemen sampah plastik terbesar di seluruh dunia. Sehingga penggunaannya juga dihapuskan di hampir semua rumah makan.

“Persenjatai” diri anda dengan sedotan stainless atau bambu milik anda sendiri. Sama seperti lunch box, sedotan anda sendiri ini juga akan lebih bersih dibandingkan sedotan plastik yang disediakan setiap rumah makan.

5. Furniture Daur Ulang

furnitre daur ulang

Satu dekade belakangan ini, penggunaan furniture daur ulang dari sampah cukup populer. Selain menekan jumlah sampah dari barang-barang tidak terpakai seperti drum minyak, ban bekas, kayu bekas keranjang ikan, bila diolah kembali oleh tangan-tangan seniman yang handal, bisa menjadi satu furniture unik yang mempunyai nilai seni tinggi.

6. Popok Kain

popok kain

Popok sekali pakai memang sangat praktis, namun bahan popok tersebut mengandung campuran plastik yang sulit untuk diuraikan. Sehingga popok sekali pakai juga turut menjadi penyumbang sampah dunia yang cukup besar.

Bila anda mempunyai buah hati yang masih bayi, anda bisa mulai mempergunakan popok kain bagi putra-putri anda. Kini popok kain juga dibuat lebih menyerap, tidak seperti popok kain pada jaman dulu.

7. Sabun Non-Deterjen

sabun non deterjen

Limbah sabun yang mengandung deterjen termasuk penyumbang polusi air sungai. Hal ini menyebabkan kualitas air menjadi rendah dan menurunkan pasokan air bersih bagi manusia. Oleh karena itu kita dapat mencoba untuk menggunakan sabun non-deterjen yang ramah lingkungan. Bahkan anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho.

Baca juga mengenai pengertian go green living

Demikian sharing tips mengenai 7 produk sederhana yang bisa mendukung terciptanya go green living, yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat bagi anda dan dapat membuka hati anda untuk bisa turut berpartisipasi menjaga lingkungan bersama-sama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lavanya Hills Residences atau anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penawaran spesial kami, kami siap membantu anda di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News