8 Desain Perpustakaan di Rumah

News

8 Desain Perpustakaan di Rumah

18 April 2021

Bila anda memiliki hobi melahap segala macam buku bacaan, maka memiliki perpustakaan di rumah anda sendiri, pasti akan menjadi salah satu impian terbesar anda. Selain sebagai tempat untuk merawat dan menyimpan buku-buku kesayangan anda, perpustakaan di rumah juga bisa menjadi ruangan me-time bagi anda.

Anda termasuk salah satunya? Yuk, kita intip beberapa desain perpustakaan di rumah yang bisa anda adaptasikan di rumah anda;

1. Perpustakaan di Rumah Simpel dengan Rak Buku Berwarna Hitam.

Termasuk desain perpustakaan di rumah yang simpel, anda bisa membeli rak di toko furniture langganan anda. Cukup sesuaikan saja dimensi ukuran rak buku tersebut dengan luas ruangan perpustakaan anda.

Pilih warna hitam atau abu-abu dengan tone gelap untuk menonjolkan warna buku-buku yang anda susun di dalamnya.

2. Desain Rak Buku dengan Nook untuk Membaca.

Cocok bagi anda yang suka segala sesuatu yang simpel dan fungsional. Untuk rak buku dengan nook, sebaiknya anda membuat rak buku secara custom sehingga anda bisa menyesuaikan ukuran rak buku ini dengan ruangan anda.

Anda juga bisa menyesuaikan ukuran nook untuk membaca dengan tinggi badan anda, untuk menghindari ukuran nook yang terlalu kecil yang malah membuat aktivitas membaca anda menjadi tidak nyaman.

3. Perpustakaan di Rumah dengan Rak Buku Tinggi

Anda memiliki ribuan koleksi buku? Anda bisa membuat rak buku tinggi menjulang hingga langit-langit rumah anda.

Lengkapi dengan tangga yang bisa anda geser, supaya anda tidak kesusahan untuk mengambil buku yang berada di rak paling atas.

Tambahkan lampu sorot yang menyinari rak paling atas untuk mengurangi kelembaban dan jamur yang bisa merusak buku-buku kesayangan anda.

4. Desain Rak Buku Berwarna Biru Langit

Konon warna biru langit dan biru laut mampu memberikan ketenangan bagi yang melihatnya. Sensasi ini sepertinya dibutuhkan bagi anda yang gemar membaca.

Dengan jiwa dan pikiran anda yang tenang, niscaya anda mampu menyerap semua pokok pikiran yang tertuang dalam buku anda.

Maka dari itu, bila anda mendambakan ketenangan sebelum membaca buku, di sarankan anda memilih penggunaan warna biru pada rak buku anda.

5. Perpustakaan di Loteng Rumah

Loteng tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai gudang penyimpanan barang-barang tidak terpakai. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat penuh inspirasi bagi anda.

Sebaiknya anda menggunakan rak buku custom yang mengikuti bentuk atap rumah anda, supaya space yang terpakai bisa lebih maksimal.

Tambahkan jendela kaca yang besar, supaya perpustakaan loteng anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup untuk mengurangi jamur dan kelembaban yang mengancam koleksi buku anda.

6. Perpustakaan di Rumah Dinamis dengan Rak Buku Diagonal

Pergunakan rak buku persegi yang anda miringkan 45 derajat untuk menampilkan kesan rak buku yang dinamis. Tumpuk koleksi anda secara acak, untuk menampilkan kesan pattern geometris yang unik.

Selain berfungsi sebagai perpustakaan di rumah anda, rak buku diagonal ini juga berfungsi sebagai emphasis interior rumah anda.

7. Desain Rak Buku 2 Level

Anda memiliki ratusan koleksi buku, namun tidak memiliki space area khusus untuk perpustakaan di rumah anda?

Anda bisa mencoba rak buku yang tinggi dan ramping dari lantai satu hingga lantai dua rumah anda. Tanpa menempatkan tangga geser dengan railing, anda bisa mengakses buku di rak atas langsung dari lantai dua rumah anda.

Selain sebagai tempat menyimpan ratusan koleksi buku anda, penempatan rak buku ini bisa menjadi aksen pada interior anda.

8. Desain Rak Buku sekaligus Rak TV

Bila anda tidak memiliki ruang perpustakaan di rumah anda secara khusus, desain rak buku ini menjadi solusi bagi anda yang mempergunakan ruang keluarga atau living room sebagai ruang membaca anda.

 

Demikian sharing inspirasi perpustakaan di rumah anda yang bisa anda terapkan di rumah anda. Desain mana yang paling anda suka?

Baca juga mengenai inspirasi interior ruang tamu

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin membuat perpustakaan anda sendiri di rumah.

Share this News:

Latest News