Apa itu Properti: Definisi dan Peluang Bisnisnya

News

Apa itu Properti: Definisi dan Peluang Bisnisnya

01 December 2020

Begitu banyak pilihan usaha yang dipilih oleh para pelaku bisnis untuk meraih pasar. Diantara berbagai opsi berbisnis yang ada, bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang dinilai paling menjanjikan bagi siapa saja yang dapat menjalankannya dengan baik.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya investor, pemula dan veteran, yang menerjuni bidang bisnis ini. Baik dengan cara menginvestasikan sahamnya pada developer properti atau terjun langsung dan menjadi pelaku bisnis di bidang ini.

Semakin tingginya permintaan akan kebutuhan hunian bagi masyarakat, turut juga menaikkan kepopuleran bisnis atau investasi di bidang properti, khususnya adalah properti rumah tinggal.

 

Pengertian Properti dan Jenisnya

Pengertian Properti

Kata Properti yang diserap dari bahasa Inggris, property, ternyata berasal dari bahasa Latin Res Privata yang berarti kepemilikan seseorang, baik secara individu maupun kelompok.

Jenis Properti

Banyak sistem hukum yang mengelompokkan beberapa jenis properti menjadi 2 bagian besar, yaitu properti yang tidak bergerak (tanah, rumah, bangunan, dll) dan properti yang bisa bergerak, dalam hal ini bisa mencakup: barang berharga, hewan ternak, surat berharga, dsb. Untuk beberapa penjelasan yang berkaitan dengan jenis-jenis properti bisa kita lihat di bawah ini.

Real Property

Diserap dari sistem hukum dan ekonomi Inggris, real property didefinisikan sebagai segala kepentingan keuntungan dan hak atas kepemilikan tanah dan bangunan. Ditilik dari pengertiannya, real property lebih berkenaan pada konsep hukum yang berkaitan dengan hak kepemilikan, dan bukan merujuk pada bentuk fisiknya.

Real Estate

Sedangkan definisi dari real estate sendiri adalah, tanah beserta seluruh struktur bangunan yang berdiri diatasnya.

Personal Property

Personal Property atau biasa disebut juga movable property adalah kepemilikan individu atau kelompok yang bisa bergerak atau dipindahkan.

Sebagai gambaran bisa kita lihat penjelasan singkatnya sebagai berikut; mobil, hewan ternak, dan perhiasan anda termasuk personal property, sedangkan tanah dan rumah tempat tinggal anda adalah real estate. Sedangkan sertifikat kepemilikan tanah dan rumah anda termasuk ke dalam real property.

 

Peluang Bisnis Properti

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai definisi dan apa saja yang dikategorikan sebagai properti, kini kami akan membahas mengenai peluang bisnis dari berbagai jenis properti yang ada

1. Rumah Tinggal

Rumah Tinggal adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal atau hunian. Bangunan yang termasuk tipe rumah tinggal ini adalah rumah atau perumahan, rumah susun, apartemen, bangunan asrama mahasiswa/pelajar, kondominium dan villa.

2. Properti Tempat Usaha

Bangunan tempat usaha merupakan bangunan yang digunakan untuk keperluan usaha atau bisnis. Yang termasuk bangunan tempat usaha ini adalah gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, gedung pelayanan dan pusat profesional seperti bangunan rumah sakit, hotel, motel, kondotel dan superblok atau komplek bangunan yang digunakan untuk usaha dan tempat tinggal.

3. Properti Industri

Bangunan untuk keperluan industri ini adalah seperti bangunan pabrik atau manufaktur, perakitan atau assembling. Bangunan untuk penelitian dan pengembangan juga memiliki karakter yang berbeda dengan bangunan lainnya.

4. Properti untuk Keperluan Agrobisnis

Bangunan seperti ini memiliki ciri khusus seperti jika bangunan dipergunakan untuk keperluan perkebunan maka bangunan itu dibangun di lokasi yang bisa menunjang kegiatan usaha perkebunan. Begitu juga bangunan untuk keperluan pengolahan kayu dan pergudangan yang mempunyai ciri khas memiliki ruangan yang luas sebagai tempat beraktivitas di dalamnya.

5. Properti untuk Tujuan Khusus

Bisnis properti seperti ini adalah digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus, seperti tempat ibadah, sekolah, bandar udara, tempat hiburan, bioskop, terminal bus, stasiun kereta api, lapangan golf, ruang pertemuan, kebun binatang dan lain-lain. Properti Ini memiliki desain khusus sesuai dengan kebutuhannya.

 

Investasi Properti

Jenis investasi yang paling prospektif adalah rumah hunian untuk keluarga.

Seiring meningkatnya perekonomian sebuah keluarga, dengan sendirinya mereka akan mencari rumah tinggal untuk jangka waktu yang panjang dengan lokasi yang lebih nyaman dari sebelumnya.

Memiliki aset investasi pribadi seperti rumah atau kavling siap bangun mampu memberikan perasaan aman dan menepiskan segala kekhawatiran anda dan keluarga.

 

Rumah Pribadi

Rumah yang nyaman dan aman bagi keluarga, berlokasi di kawasan strategis yang memudahkan anda menjangkau infrastruktur transportasi, kesehatan dan pendidikan menjadi impian bagi semua orang.

Selain sebagai salah satu kebutuhan utama yang harus anda penuhi, rumah pribadi anda juga bisa berfungsi sebagai aset investasi jangka panjang anda.

Baca juga mengenai rumah sebagai investasi di sini.

Bila anda tertarik untuk berinvestasi rumah, silahkan klik tautan ini.


 

Kavling Siap Bangun

Anda ingin menambah aset investasi anda atau anda belum memiliki tabungan yang cukup untuk membeli rumah? Maka investasi kavling siap bangun adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Terletak di tengah area perumahan yang aman, maka kavling siap bangun mempunyai banyak kelebihan diantaranya, anda tidak akan kuatir aset anda akan diserobot oleh pihak lain.

Baca juga mengenai potensi berinvestasi kavling siap bangun.

Bila anda tertarik berinvestasi kavling siap bangun, silahkan hubungi tim kami

Kesimpulan

Semoga sharing kami mengenai peluang bisnis properti ini bisa membantu anda menetapkan pilihan investasi jangka panjang anda.

Bila ingin berkonsultasi lebih mendalam mengenai investasi rumah atau kavling siap bangun kami siap membantu di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News