Apakah Fungsi Smart Home System ?

News

Apakah Fungsi Smart Home System ?

09 November 2020

Belakangan ini istilah Smart Home System bermunculan, terutama di marketing tools dari developer properti yang mengedepankan hal ini sebagai salah satu faktor keunggulan properti mereka.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan smart home system itu? Smart home system bisa disebut juga home automation, merupakan sistem pengelolaan rumah yang diintegrasikan dengan teknologi tingkat tinggi. Biasa dihubungkan melalui jaringan internet rumah (home network) atau LAN (Local Area Network). Terminologi SMART sendiri sebenarnya adalah kepanjangan dari Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology.

Teknologi smart home memudahkan anda sebagai pemilik rumah untuk mengontrol dan memonitor semua perangkat elektronik mereka yang terhubung melalui smart home apps, smartphone anda, atau perangkat lainnya. Anda bahkan masih bisa memegang kendali walaupun anda sedang tidak berada di rumah.

Fungsi dan Kegunaan Smart Home System

Apa saja yang bisa anda kendalikan dengan menggunakan teknologi smart home system ini? Kita lihat beragam perangkat rumah di bawah:


Illustrasi Smart Home System App.

Pengaturan Penerangan / Lampu (Lightning Control System)

Membantu anda untuk mengontrol pemakaian lampu di seluruh rumah anda, seperti otomatisasi penggunaan lampu tergantung dari waktu (siang/malam), solar energy (matahari terbit/tenggelam), occupancy sensor (akan menyala bila ada gerakan seseorang di bawahnya), dan juga sensor alarm (akan menyala semua saat alarm berbunyi).

Pengaturan Suhu (Smart Thermostat)

Fungsi ini bertanggung jawab untuk membantu anda dalam mengatur suhu di dalam ruangan, korelasi langsungnya adalah mengatur pemanas, ventilasi dan penyejuk ruangan. Kini anda tidak perlu panik bila anda lupa mematikan AC, karena anda cukup mematikan AC rumah anda langsung dari smartphone anda.

Sistem Keamanan (Smart Security System)

Kapanpun alarm rumah anda berbunyi, atau anda sekedar ingin memantau keadaan sekitar rumah anda dari pantauan kamera CCTV, anda cukup melihat layar smartphone anda dimanapun anda berada.

Otomatisasi Penguncian Pintu (Door Locks)

Anda sering bermasalah dengan gantungan kunci yang menggunung di saku celana anda? Dengan teknologi smart home system, anda cukup menggunakan smartphone atau menghafalkan PIN kunci elektronik rumah anda. Pintu garasi juga akan terbuka sendiri saat anda pulang, tanpa harus merepotkan keluarga anda.

Sistem Irigasi Otomatis (Smart Garden Irrigation System)

Dengan integrasi smart garden irrigation system, anda bisa menjadwalkan penyiraman taman / rumput halaman anda cukup dengan satu klik di gadget anda. Bahkan anda juga bisa memonitor kondisi tanah, kelembaban dan kondisi cuaca yang sesuai dengan taman rumah anda.

Pengaplikasian Peralatan Rumah Tangga (Smart Appliances)

Anda bisa meringankan pekerjaan rumah tangga anda dengan mendelegasikannya kepada robot vacuum cleaner atau robot pemotong rumput yang bisa anda atur jadwal pekerjaannya dari perangkat anda.


Illustrasi Vacuum Cleaner Robot

Mengintegrasikan gawai anda dengan perangkat lunak smart home system, memungkinkan anda untuk mengatur suhu lemari es anda sesuai dengan bahan makanan atau sayuran yang anda simpan di dalamnya.

Sistem Otomatisasi Audio (Smart Speaker System)

Anda juga bisa mengatur channel televisi yang cocok ditonton oleh anak-anak dan keluarga anda. Bahkan dengan device yang tepat seperti speaker rilisan Google, yaitu Google Nest, anda bahkan bisa menanyakan ramalan cuaca, bahkan smart home speaker system bisa membantu Anda memesan barang secara daring.

 

Penerapan Smart Home System di Lavanya Hills Residences

Lavanya Hills Residences sendiri sudah menerapkan beberapa teknologi smart home system ini, antara lain: Pengaturan Suhu dan Sistem Pengaturan Penerangan. Fasilitas ini bisa didapatkan di semua tipe rumah di Lavanya Hills Residences.

      

Selain itu perumahan di Lavanya Hills Residences juga sudah dilengkapi oleh sistem keamanan yang lengkap seperti, petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam, CCTV yang memantau area perumahan, one-gate system yang dilengkapi oleh access card yang hanya bisa dimiliki oleh penghuni Lavanya Hills Residences saja.

Share this News:

Latest News