Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

News

Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

25 November 2020

Menurut anda lebih untung mana, beli rumah dengan KPR atau beli rumah dengan tunai? Bila anda memiliki tabungan yang cukup besar untuk bisa membeli rumah secara tunai, namun mayoritas dari penduduk Indonesia tidak memiliki tabungan sebesar itu, maka dari itu membeli rumah secara KPR menjadi pilihan.

Seperti semua hal, baik beli rumah secara tunai maupun kpr pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja? Mari kita bahas perlahan.

 

Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Kelebihan Beli Rumah Tunai

Bebas Bunga

Dengan transaksi yang diselesaikan dalam sekali pembayaran, anda akan terbebas dari bunga pinjaman KPR dari bank.

Kesempatan Mendapat Cashback

Banyak developer yang memberikan promo cashback bila anda membeli rumah secara tunai. Potongan atau cashback yang diberikan juga biasanya cukup besar.

Langsung Bisa Memiliki Aset Berharga

Dengan beli rumah secara tunai, semua sertifikat kepemilikan rumah langsung berada di tangan anda.

Biaya Administrasi Kecil

Beli rumah secara tunai hanya membutuhkan biaya administrasi kecil karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu & tenaga untuk mengurus administrasi. Selain itu tidak akan ada biaya tambahan lain.

Kekurangan Beli Rumah Tunai

Butuh Persiapan Dana Besar

Tentu saja memerlukan dana besar, mengingat harga rumah yang tinggi dan hanya diselesaikan dalam kurun satu kali pembayaran.

Dana untuk keperluan lain menjadi terbatas

Merupakan efek dari dana besar yang dikeluarkan, anda harus pintar memangkas pengeluaran anda yang dirasa tidak perlu.

Kelebihan KPR

Angsuran Sangat Terjangkau

Jumlah angsuran perbulan yang harus anda keluarkan mungkin hanya sekitar 30-40% dari total penghasilan. Tergantung dari DP yang anda bayarkan dan jangka waktu pembayaran yang anda pilih.

Suku Bunga Rendah

Semakin banyaknya bank yang memberikan layanan KPR, berdampak pada semakin banyaknya bunga pinjaman yang kompetitif.

Masih Ada Sisa Dana Cadangan Untuk Keperluan Lainnya

Karena alokasi jumlah angsuran bulanan yang harus anda bayarkan tidak menghabiskan total penghasilan anda, anda masih bisa mengalokasikan dana cadangan untuk tabungan atau keperluan darurat.

Asuransi tambahan terproteksi dari KPR

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI No. 124/PMK.010/2008 Tahun 2008, harus ada asuransi yang gunanya untuk memproteksi kedua belah pihak, baik dari sisi developer maupun dari sisi anda sebagai pembeli.

Dapat Menikmati Nilai Tambah Kenaikan Harga Rumah Pada Saat KPR Anda Telah Lunas

Biasanya orang mengambil angsuran KPR rumah selama 10-20 tahun. Saat anda sudah melunasinya, harga rumah anda sudah berlipat ganda dari harga beli anda. Disinilah nilai investasi yang terdapat dari memiliki aset rumah.

Kekurangan KPR

Suku Bunga Dapat Meningkat

Suku bunga bank sangat dinamis pergerakannya. Hal ini bisa menyebabkan perubahan pada jumlah angsuran yang harus anda bayarkan.

Sertifikat Tidak Dapat Dijadikan Jaminan dan Baru Dapat Diterima Setelah Pelunasan

Bila anda ingin memulai usaha, anda tidak bisa mengagunkan rumah anda yang masih dalam proses pelunasan sebagai jaminan pinjaman, karena sertifikat kepemilikan rumah belum ada ditangan anda.

Ada Penalti Jika Terjadi Keterlambatan Bayar

Sama seperti platform kredit lainnya, seperti kartu kredit atau cicilan otomotif, ada denda penalti jika terjadi keterlambatan bayar.

 

Cek dengan Simulasi KPR

Untuk mengetahui perkiraan jumlah DP dan angsuran bulanan yang harus anda bayarkan anda bisa melakukan simulasi pembayaran pada tautan simulasi KPR dibawah ini.

Simulasi KPR BRI

Simulasi KPR Maybank

 

Kesimpulan

Semuanya kembali kepada anda untuk memilih cara pembayaran yang sesuai dengan kemampuan anda. Kalkulasikan dengan matang kelebihan dan kekurangannya sehingga anda bisa lebih siap saat anda sudah memulai proses beli rumah nantinya.

Semoga sharing kami mengenai beli rumah tunai atau KPR ini bisa membantu anda menetapkan pilihan cara pembelian yang paling sesuai dengan anda.

Bila ingin berkonsultasi dengan kami mengenai persyaratan membeli rumah bisa menghubungi tim kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp disini +62 819 7538 883

 

Share this News:

Latest News