Cara Membuat Studio YouTube di Rumah

News

Cara Membuat Studio YouTube di Rumah

06 December 2020

Sejak diluncurkan 15 tahun yang lalu dan dibeli oleh Google setahun setelahnya, kini YouTube berkembang menjadi situs pencarian terbesar kedua setelah Google sendiri. Situs pemutar video online ini menjadi semakin populer satu dekade ini dan menjadi salah satu profesi paling diminati.

Walaupun sejak diterbitkannya kebijakan baru dalam hal monetizing video YouTube pada tahun 2018, hal ini tidak menyurutkan semangat para kreator konten untuk berlomba-lomba membuat video konten yang mampu menarik jutaan penonton.

Namun sejak merebaknya pandemi di awal tahun 2020, cukup mempersempit ruang gerak para kreator untuk memproduksi video berkualitas. Tetapi, apakah itu berarti profesi YouTube sudah mati suri? Tentu tidak! Anda bisa membuat konten YouTube berkualitas dari #rumahsaja.

Kuncinya adalah membuat studio YouTube kreator konten yang memadai. Biaya yang dikeluarkan bahkan jauh lebih murah daripada anda membuat konten liburan anda di Paris atau Santorini. Keluarkan seluruh ide kreatif anda untuk membuat konten berbobot dari rumah saja.

Sekarang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat sebuah studio YouTube di rumah? Mari kita bahas satu persatu.

Pilih Ruangan yang Tepat

Pilih satu kamar atau ruangan di rumah anda yang tidak terlalu sering dipergunakan. Bila tidak ada ruangan kosong yang tersedia, anda bisa memakai salah satu sudut kamar anda sebagai spot untuk membuat konten YouTube anda.

Salah satu hal utama dalam memilih ruangan yang cocok adalah memastikan bahwa ruangan tersebut “mempersilahkan” banyaknya cahaya matahari yang masuk. Walaupun artificial lighting atau pencahayaan buatan dari lampu penting dalam proses pembuatan video, namun tone keemasan yang dihasilkan cahaya matahari akan menghasilkan tone warna kulit yang bagus.

Setup Studio

 

Setup studio anda sehingga video konten anda bisa memiliki tampilan visual yang apik. Bila anda ingin membuat konten memasak, sudah pasti ruangan yang anda pilih adalah dapur anda. Atur dapur anda secantik mungkin, supaya menarik bagi viewers anda.

Background

Jika konten anda berkisar tentang tutorial makeup atau tutorial software tertentu, atau lebih banyak menangkap wajah atau setengah badan saja, anda cukup memakai background yang sesuai dengan tema konten anda.

Pemilihan warna tergantung tema konten anda, boleh cerah boleh gelap, asalkan cukup kontras dengan anda sebagai objek utama.

Persiapkan Peralatan

Sebuah video tidak akan bisa tercipta tanpa peralatan yang tepat. Tepat disini bukan berarti mahal, karena seperti kami sebutkan diatas, kreativitas anda lah yang menentukan konten anda termasuk berbobot atau tidak.

Apa saja peralatannya?

Kamera

Pesatnya kemajuan teknologi digital, membuat harga peralatan fotografi dan videografi menjadi lebih terjangkau bagi semua orang.

Bagi anda yang mungkin baru saja memulai karir anda sebagai YouTuber dan belum terlalu paham dengan seluk beluk kamera digital, anda bisa memulainya dengan menggunakan ponsel anda. Saat ini. ponsel Android dengan harga di kisaran Rp. 4-7 Juta sudah bisa menghasilkan video dengan format Full HD, format yang sangat disarankan di YouTube player.

Namun, bila anda ingin lebih serius, dengan kisaran budget Rp 10-15 juta, anda bisa memiliki kamera mirrorless dari Sony a6000 plus lensa 35mm F1.8 atau kamera Sony a6300 plus lensa standar.

Dua kamera mirrorless di atas adalah kamera video pemula yang tepat, karena selain harganya relatif terjangkau, pengoperasiannya juga sangat mudah.

Selain itu jangan lupa persiapkan juga media penyimpanan atau SD Card yang memiliki kapasitas cukup besar.

Tips: sebaiknya anda memilih lensa dengan F1.8 karena bisa menghasilkan efek bokeh atau background blur yang dramatis.

Microphone

Untuk perekaman audio, anda bisa menggunakan ponsel anda sebagai alat perekam. Sebaiknya jangan menggunakan mikrofon built-in kamera anda karena suara yang dihasilkan akan bergema dan memiliki kualitas yang buruk. Akan lebih baik jika anda membeli mikrofon tersendiri. Anda bisa menggunakan jenis lavalier yang dijepitkan pada baju atau jenis shotgun yang bisa dipasang pada kamera.

Tips: Tes dulu hasil rekaman audio anda, bila masih bergema dan tidak terdengar dengan jelas, anda bisa merekatkan selimut atau kain tebal pada dinding ruangan yang berfungsi sebagai peredam.

Tripod

Bila anda memproduksi konten anda sendiri, anda mutlak membutuhkan tripod saat merekam video anda. Pilihlah tripod dengan ballhead yang bisa bergerak fleksibel, supaya anda bebas menentukan angle atau sudut kamera anda.

Lighting

Semua tipe rumah di Lavanya Hills Residences didesain memiliki jendela yang besar dan tinggi. Hal ini sangat menguntungkan bagi anda yang menyukai pencahayaan alami pada konten anda. Anda cukup memasang kain putih di jendela rumah sebagai diffuser, sehingga cahaya matahari yang masuk akan lebih lembut.

Selain natural light atau cahaya alami matahari, pencahayaan buatan juga diperlukan supaya cahaya yang tertangkap di kamera terlihat lebih rata.

Gunakan softbox atau payung supaya pencahayaan di kulit anda terlihat lembut. Sebaiknya anda memakai minimal 2 pencahayaan untuk mencegah timbulnya bayangan yang terlalu kuat pada wajah anda.

Tips: Atur lighting anda pada sudut 45 derajat dari anda. Sebisa mungkin hindari menempatkan lighting tepat di depan anda. Anda ingin melembutkan bayangan dan bukan menghilangkannya, lighting yang berada tepat di wajah anda membuat warna wajah anda menjadi flat dan terkesan tidak memiliki dimensi.

Inspirasi Konten

Bila anda merasa jenuh akan tampilan konten yang monoton, anda bisa memindahkan set anda keluar studio anda. Jika kebetulan rumah anda adalah rumah hook, anda bisa melakukan pengambilan gambar di taman samping rumah anda.

Baca juga tentang potensi yang bisa dihasilkan dari sebuah rumah hook.

Bila anda ingin memindahkan set video anda keluar ruangan, di dalam kompleks Lavanya Hills Residences tersedia spot-spot outdoor yang cantik bagi latar belakang video anda. Anda bisa memilih Rendezvous Park yang berlokasi di dekat Sport Club.

Setiap cluster perumahan Lavanya Hills Residences memiliki community gardennya sendiri, anda juga memilih spot ini sebagai set konten YouTube anda.

 Lihat juga masterplan Lavanya Hills untuk melihat posisi spot konten YouTube anda.

Bila anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Lavanya Hills Residences bisa menghubungi tim kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News