Cashflow Quadrant: Pengertian dan 4 Bagian di Dalamnya

News

Cashflow Quadrant: Pengertian dan 4 Bagian di Dalamnya

09 November 2021

Anda pasti sudah sering mendengar tentang cashflow quadrant.

Ya salah satu buku karangan Robert Kiyosaki ini laris terjual hingga jutaan kopi. Banyak yang merasa tercerahkan setelah membaca buku tentang keuangan ini.

Buat anda yang belum membacanya, anda bisa melihat ulasan singkat kami dan kemudian anda bisa pergi ke toko buku untuk membaca buku ini secara lebih mendalam.

Pengertian Cashflow Quadrant menurut Robert Kiyosaki

cover buku cashflow quadrant

Pengertian dari Cashflow Quadrant sendiri menurut Robert Kiyosaki adalah;

Cara mengkategorikan orang berdasarkan asal uang yang mereka hasilkan atau berdasarkan sumber pemasukannya.

Seperti kita tahu ada jutaan jenis pekerjaan di dunia ini, namun secara simpel, Robert Kiyosaki membaginya menjadi 4 bagian besar, yang akan kita bahas nanti.

Setiap orang menempati setidaknya 1 bagian kuadran di dalamnya.

Setiap kuadran di dalamnya bersifat unik sekaligus memiliki persamaan dengan bagian kuadran yang lain.

Tujuan Utama: Kebebasan Keuangan

Kebebasan secara keuangan artinya seseorang yang sudah memiliki pemasukan pasif (pensiun, dividen, investasi, biaya sewa, dll) dengan nominal yang sangat besar hingga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari-nya tanpa perlu aktif bekerja setiap hari.

Bahkan tidak hanya kebutuhan bertahan hidup, seseorang yang sudah mencapai tahap kebebasan keuangan bahkan bisa berbelanja barang mewah atau berlibur tanpa harus mengganggu arus kas keuangannya.

Tentu kondisi seperti ini adalah impian semua orang.

Nah di dalam buku Cashflow Quadrant ini, Robert Kiyosaki membeberkan kepada para pembacanya, pada kuadran yang mana anda bisa meraih kebebasan keuangan ini.

Walaupun lagi menurut beliau, bahwa anda bisa menemukan kebebasan keuangan pada keempat kuadran ini, namun ada kuadran yang bisa mempercepat prosesnya dengan hasil yang luar biasa.

Untuk jawaban dari pertanyaan ini, anda bisa membaca buku ini sampai tuntas.

4 Bagian dalam Cashflow Quadrant

Seperti kita bahas diatas, Robert Kiyosaki secara simpel membagi semua orang yang ada di dunia ini menjadi 4 kategori berdasarkan sumber pendapatannya.

cashflow quadrant

Di dalam kuadran ini anda bisa melihat huruf E, S, B dan I.

Keempat huruf tersebut merupakan perwakilan dari kata-kata ini;

E (Employee atau Karyawan), S (Self-Employed/Small-Business Owner atau Wiraswasta), B (Big-Business Owner) dan I (Investor)

Untuk lebih memahami pengertian dan karakteristik dari masing-masing bagian kuadran ini, anda bisa melihatnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Employee atau Karyawan

Seperti anda tahu, employee atau karyawan adalah orang yang bekerja pada suatu instansi baik itu pemerintahan maupun swasta, dan menerima gaji setiap bulannya.

Kuadran karyawan terbentang luas, dari jabatan tukang sapu sampai presiden direktur atau general manager. Mereka semua adalah karyawan.

Menurut Robert Kiyosaki, bagian kuadran ini bersinergi dengan kata “aman”.

Orang-orang yang berada di kuadran ini juga mengutamakan “kepastian”. Seperti; kepastian untuk mendapatkan bayaran, kepastian atau jaminan hari tua (pensiun), kepastian keuntungan yang diperoleh, dll.

Sebagai contoh, orang dari kuadran ini lebih stres bila mereka tidak mendapatkan status pegawai tetap daripada pemasukan lebih. Karena status pegawai tetap artinya adalah “kepastian hari tua” atau jaminan pensiun.

2. Self-Employed atau Small-Business Owner

Sekarang kita akan membahas bagian kuadran kedua yaitu, kuadran S atau orang-orang yang berprofesi sebagai wiraswasta atau pemilik bisnis kecil.

Orang-orang yang berada di kelompok ini adalah mereka yang berprofesi antara lain sebagai pekerja mandiri, freelancer dan pemilik toko atau rumah makan kecil.

Robert Kiyosaki menyebut orang-orang dari bagian kuadran ini sebagai orang-orang yang “melakukan-segala-sesuatunya-sendiri”.

Mereka yang berada di kelompok ini cenderung perfeksionis dan tidak mempercayai hasil kerja orang lain. Sehingga susah bagi mereka untuk mendelegasikan suatu pekerjaan yang biasa ditanganinya, kepada orang lain.

Kelompok ini juga memiliki pandangan, “semakin keras mereka bekerja, semakin tinggi hasil yang diperoleh.”

3. Big Business Owner

Seperti kita tahu sekarang banyak sekali kita melihat figur-figur terkenal dari orang yang berada pada bagian kuadran B ini.

Sebut saja; Larry Page & Sergey Brin (Google), Jeff Bezos (Amazon), Elon Musk (Tesla), Mark Zuckerberg (Facebook), dan masih banyak lagi.

Berlawanan dengan orang-orang dari kuadran S, mereka yang berada pada kuadran ini gemar sekali mendelegasikan pekerjaan dan sangat mempercayai tim-nya yang memang kompeten di bidangnya.

Menurut Kiyosaki, moto sejati dari orang-orang dari kuadran ini adalah,

“Mengapa harus melakukan segala sesuatunya sendiri, bila kita bisa menyuruh orang lain untuk melakukannya dengan lebih baik.”

Perbedaan Bisnis antara Kuadran B dan S

Walaupun di kuadran S juga memiliki arti Small Business, namun perbedaan yang mendasar dari bisnis pada kuadran ini dengan bisnis pada kuadran B adalah kemampuan pengendalian sistem dan kemampuan memimpin orang.

Singkat kata, seseorang dari kuadran B bisa meninggalkan bisnis yang dimilikinya untuk berlibur selama setahun dan semakin bertambah kaya. Suatu hal yang mustahil dimiliki orang dari kuadran S.

4. Investor

Orang-orang yang berada pada kuadran ini memiliki “karyawan” yang menghasilkan pendapatan bagi mereka, yaitu uang.

Ya, pada kuadran inilah istilah “mempekerjakan uang untuk memperoleh uang lagi” berlaku.

Semua bagian kuadran menghasilkan uang, namun pada kuadran inilah uang diubah menjadi kekayaan.

Untuk karakteristik orang di kuadran ini boleh dibilang sangat berlawanan dengan orang-orang pada kuadran E.

Seperti kita tahu, orang-orang yang berada di kuadran E (Employee) sangat mengagungkan yang namanya keamanan atau terjamin dan menjauhi resiko. Orang yang berada pada kuadran I justru mencari yang namanya resiko. Karena bagi mereka resiko berbanding lurus dengan keuntungan.

High risk = high profit.

 

Nah demikian sekilas penjelasan mengenai apa itu cashflow quadrant beserta penjelasan 4 bagian di dalam kuadran itu.

Anda pasti bisa menebak ada di kuadran apa sebuah kebebasan keuangan dapat tercapai. Vanya sarankan anda untuk membaca buku ini sampai tuntas.

Semoga menginspirasi anda ya! Ikuti terus update artikel kami mengenai berbagai tips, inspirasi dan berita mengenai properti dan investasi.

Share this News:

Latest News