Go Green Living: Pengertian, Cara dan Manfaatnya

News

Go Green Living: Pengertian, Cara dan Manfaatnya

03 December 2020

Kembali ke satu abad yang lalu saat Revolusi Industri tercetus di belahan benua Eropa, polusi dan emisi gas CO2 yang terkumpul di bumi ini semakin hari semakin memburuk dan semakin berdampak pada bumi tempat kita tinggal ini.

Melompat ke awal abad 21, isu global warming, polusi plastik, penebangan hutan, dan masih banyak lagi isu mengenai lingkungan, mulai berhembus. Bahkan kegiatan peduli lingkungan ini tidak berhenti di tataran para aktivis lingkungan hidup saja, namun juga sampai menjadi isu penting yang diangkat pada skala internasional.

Bersamaan dengan itu kampanye Go Green Living juga mulai dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari pengusaha korporasi hingga pegawai pemerintahan, mulai dari presiden hingga anak sekolah.

Apa itu Go Green Living? Mari kita simak pengertian, cara berpartisipasi dan manfaatnya.

Pengertian Go Green Living

Go Green dapat pula diartikan sebagai bentuk usaha yang dilakukan, baik dari pemikiran maupun tindakan praktis yang mencerminkan sikap ramah lingkungan dalam setiap tindakan dan gaya hidup yang diharapkan mampu mengembalikan bumi sebagai tempat tinggal yang layak bagi kita dan generasi mendatang.

Go Green yang diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari, dipercaya mampu men-detox kita dari produk tidak sehat dan polusi lingkungan. Hal ini berdampak pada semakin tingginya stamina yang kita miliki, yang pada akhirnya akan membuat kita menjalani hidup yang lebih sehat dan produktif.

Cara Mudah Kita untuk Mendukung Go Green

Anda tidak perlu menjadi vegetarian ekstrim atau turut serta dalam aktivisme Greenpeace untuk bisa berpartisipasi dalam kampanye Go Green Living ini. Anda cukup mengubah kebiasaan kecil anda yang tidak disangka-sangka ternyata bisa berdampak besar pada lingkungan sekitar anda.

1. Matikan Lampu Saat Meninggalkan Ruangan

Penghematan listrik tidak hanya berarti berkurangnya tagihan bulanan listrik anda, pasokan listrik ke rumah anda diproduksi dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar minyak bumi. Dengan menghemat pemakaian listrik setiap harinya, anda turut berpartisipasi dalam pelestarian sumber daya alam tak terbarukan dan juga mengurangi polusi dan emisi gas CO2 di atmosfer

2. Matikan Keran Saat Sedang Menggosok Gigi

Walaupun air yang kita gunakan setiap hari adalah sumber daya alam yang terbarukan, namun pemakaian air bersih yang berlebihan dapat mengurangi kadar kandungan air tanah yang berakibat pada berkurangnya juga kesuburan bumi ini.

3. Gunakan Sepeda atau Berjalan Kaki Saat Berpergian ke Tempat yang Dekat

Sama seperti poin nomor satu, mobil dan motor digerakkan oleh bahan bakar minyak. Selain menyehatkan tubuh dengan aktivitas fisik, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor mampu menekan polusi dan emisi gas.

4. Cabut Kabel atau Charger Ponsel Selesai Digunakan

Satu hal kecil yang sering kita lalaikan, walaupun listrik yang dibutuhkan relatif kecil, kondisi charger yang masih tertancap akan terus menyedot pasokan listrik rumah anda. Selain itu, kondisi charger yang panas beresiko menimbulkan bahaya kebakaran.

5. Buang Sampah pada Tempatnya

Sebungkus kecil plastik permen jika dikalikan dengan jutaan orang yang kurang peduli akan hal ini, akan menyebabkan tumpukan sampah yang menggunung. Siapa sih yang tidak suka tinggal di lingkungan bersih?

6. Gunakan Tempat Bekal Makanan yang Dapat Digunakan Berulang Kali

Styrofoam baru dapat diuraikan setelah 50 tahun, penggunaan berskala besar pada material ini tentu saja akan berdampak buruk pada kondisi tanah. Terlebih lagi kandungan zat kimia dari styrofoam yang berdampak buruk juga bagi kesehatan kita.

Dengan membawa tempat bekal makan siang anda sendiri setiap hari, anda sudah berpartisipasi menekan pertumbuhan sampah plastik bungkus makanan, kotak styrofoam

7. Sumbangkan Barang yang Sudah Tidak Dipakai Kepada Orang Lain yang Lebih Membutuhkan

Selain mengurangi tumpukan barang berdebu di rumah, dengan menyumbangkan barang-barang layak pakai yang sudah tidak anda pergunakan, anda juga telah turut serta dalam aktivitas sosial bagi mereka yang membutuhkan.

8. Hindari Menggunakan Tas Plastik Saat Berbelanja di Supermarket, Biasakan Membawa Tasmu Sendiri

Plastik belanja sekali pakai membutuhkan 10-20 tahun untuk dapat terurai, bayangkan bila 260 juta penduduk Indonesia membuang satu kantong plastik saja setiap harinya. Dalam waktu satu tahun akan ada 94.9 triliun kantong yang menumpuk di pembuangan sampah, dan itu baru di Indonesia saja.

9. Biasakan Menggunakan Transportasi Publik Seperti Kereta atau Bus

Bila untuk mencapai tempat yang dekat anda bisa menggunakan sepeda, anda juga bisa berpartisipasi mengurangi polusi udara dengan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari anda.

Peran Lavanya Hills Residences dalam Mendukung Green Living.

Semakin berkurangnya ruang terbuka hijau, menggerakkan Lavanya Hills Residences untuk menciptakan pasokan oksigen di tengah kawasan metropolitan yang padat. Sejalan dengan konsep Beauty Green Smart Living yang diusung, Lavanya Hills Residences sangat memaksimalkan lingkungan yang segar dan rindang dengan berbagai pepohonan yang akan tumbuh subur di seluruh kawasan perumahan ini.

Sistem ventilasi bagi setiap rumah di cluster-clusternya, juga didesain sedemikian rupa hingga mampu menyejukkan setiap rumah dengan cukup menggunakan sirkulasi udara saja. Hal ini akan mengurangi pemakaian pendingin ruangan di setiap unitnya. 

Kesimpulan

Menjaga bumi ini tidak dibutuhkan tindakan luar biasa, anda bisa memulainya dengan menjadikan hal-hal kecil diatas menjadi kebiasaan sehari-hari bagi anda

Semoga sharing kami mengenai pentingnya partisipasi kecil anda dalam mendukung gerakan go green living ini semakin memantapkan hati anda untuk terus mengulangi kebiasaan baik yang berperan dalam pelestarian lingkungan.

Bila anda tertarik untuk memahami lebih dalam seperti apa konsep Go Green Living yang ada di Lavanya Hills Residences, bisa menghubungi tim kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883.

Share this News:

Latest News