Harus Kerja dari Rumah ? Ini 9 Profesi yang Bisa Anda Pilih.

News

Harus Kerja dari Rumah ? Ini 9 Profesi yang Bisa Anda Pilih.

21 November 2020

Masa pandemi yang sudah berjalan hampir selama satu tahun ini telah “memaksa” kita untuk kerja dari rumah. Bahkan menurut berita yang dilansir oleh Kompas pada bulan Agustus, sekitar 3,5 juta pekerja di-PHK dan dirumahkan. Hal ini memang terlihat begitu mengiris hati, namun ada beberapa hal positif yang bisa kita tarik dari sini.

Hal POSITIF?

Yes! Anda bisa meluangkan banyak waktu untuk keluarga tersayang, anda bisa rutin berolahraga dan anda bisa meluangkan waktu untuk hobi yang sudah lama anda tinggalkan.

Tapi? Bagaimana dengan PENGHASILAN yang HILANG?

Nah, disinilah pokok bahasan kita pada artikel ini, berikut ini 10 pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Semoga berguna bagi anda yang terpikir untuk shifting career;

 

1. Social Media Manager

Photo by Lisa Fotios from Pexels

Anda punya akun media sosial bukan? Walaupun mungkin tidak begitu aktif, namun setidaknya anda paham akan cara kerjanya. Beberapa hal yang perlu anda tambahkan bila ingin menjajal karir di bidang ini adalah pemahaman yang lebih mendalam akan perkembangan dan tren terbaru media sosial.

Social Media Manager tidak hanya melakukan postingan terjadwal atau memikirkan ide konten saja, namun juga harus mampu membaca analytic, strategi konten untuk growth, organic engagement, dsb.

Jangan berkecil hati bila merasa belum memiliki semua kemampuan tersebut, banyak video tutorial gratis, free course yang bertebaran di internet, anda bisa mempelajarinya secara cuma-cuma dan memulai karir baru anda sekarang.

 

2. Copywriter Online

Anda punya hobi menulis sewaktu masih duduk di bangku sekolah? Mungkin copywriter online adalah jawaban bagi anda untuk bisa melakukan kerja dari rumah.

Termasuk salah satu pekerjaan berbasis rumah yang paling banyak diminati, seorang copywriter online dituntut mempunyai keterampilan menulis yang baik dan gairah untuk bidang tertentu yang Anda kerjakan, seperti finansial, mode atau olahraga. Penulis rumahan sangat cocok bagi mereka yang kreatif dalam merangkai kata dan memiliki hasrat untuk membuat konten tulisan. Sebagai penulis atau editor, Anda bertugas untuk menulis, menyalin, memeriksa, membarui, dan mengatur konten dengan cara yang menarik bagi pembaca.

 

3. Desainer Grafis

Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Pesatnya kebutuhan promosi online, product showcase online, bisnis baru yang membutuhkan logo dan collateral, dsb tak pelak membuat kebutuhan akan desain grafis juga ikut meningkat.

Selain itu situs-situs marketplace desainer freelance seperti freelancer, sribulancer, 99designs, dsb turut memberikan support kepada desainer grafis lepas untuk bisa memperoleh penghasilan.

 

4. Web Developer

Bisnis online yang semakin menanjak, tak pelak membuat para web designer & developer seperti mendapat durian runtuh. Website merupakan syarat mutlak bagi setiap sektor bisnis pada jaman sekarang. Tidak hanya berfungsi sebagai muara informasi dari sebuah brand atau perusahaan, website saat ini juga berfungsi sebagai alat penjualan (online shop), portfolio showcase, alat pemasaran, sarana informasi dan masih banyak lagi.

Disinilah peluang bagi anda untuk mencoba profesi sebagai web designer/developer. Bila masih merasa kurang pede karena merasa tidak mempunyai skill ini, banyak kursus online web developer yang bisa diakses secara gratis.

 

5. Vlogger/Youtuber

Photo by Mikael Blomkvist from Pexels

Pekerjaan ini sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi. Sebagai salah satu profesi dengan pemasukan tertinggi, banyak orang menginginkan menjadi seorang Youtuber. Anda cukup memikirkan kemampuan anda dan niche yang anda targetkan. Kemudian buatlah konten-konten berkualitas sehingga video-video anda digemari oleh subscriber anda.

Sebagai bahan masukan, contoh kategori niche konten yang cukup anda buat di rumah saja adalah: tutorial memasak, tutorial software/perangkat lunak, video crafting yang kreatif, video mengcover lagu-lagu terkenal, podcast talkshow, dsb.

 

6. Online Shop

Online shop adalah salah satu profesi paling menjamur dalam kurun 10 tahun belakangan ini, selain itu protokol kesehatan yang diterapkan dengan ketat sejak pandemi ini berlangsung, membuat banyak toko konvensional juga memaksimalkan fitur online shop ini.

Bagi anda yang baru saja memulai online shop anda sendiri, anda bisa memasarkan produk anda di banyak marketplace terkenal seperti tokopedia, shopee, dsb.

 

7. Dropshipper

Pilihan profesi dropshipper ini banyak diambil oleh para ibu rumah tangga yang ingin menambah pemasukan, tapi masih bisa menjaga anak di rumah. Namun sejak era pandemi ini berlangsung, banyak orang mulai merambah profesi dropshipper ini.

Berbeda dengan reseller yang diharuskan mempunyai modal untuk membeli produk dan mempunyai gudang untuk stok barang, dropshipper cukup bermodal media sosial untuk showcase produk yang mereka jual. Setelah ada pemesanan dari konsumen, barulah seorang dropshipper meneruskan pesanan ini kepada pihak penjual.

 

8. Pengajar Online

Bila passion anda adalah untuk mengajar orang, atau anda bahkan seorang guru, profesi pengajar online merupakan profesi yang layak anda coba.

Anda bisa mencoba untuk apply di situs-situs online course seperti udemy.com, skillacademy, ruangguru, zenius, dsb. Selain itu anda bisa membuka channel Youtube sendiri untuk memfasilitasi passion anda sebagai seorang pengajar.

 

9. Full Time Investor

Dari semuanya, investor adalah pilihan profesi paling menjanjikan, karena tingginya kesempatan untuk mendapat penghasilan yang besar. Bahkan beberapa investor saham cukup memantau pergerakan pasar modal hanya dari komputer atau ponsel pintar mereka.

Berbeda dengan investor saham yang penghasilannya tidak menentu, seorang investor properti mendapatkan penghasilan berkala yang jauh lebih stabil. Hal ini disebabkan oleh nilai aset properti yang cenderung selalu naik setiap tahunnya. Dengan menjadi seorang investor properti dengan jumlah aset yang yang banyak, kebebasan finansial dan waktu bisa anda peroleh.

Walaupun membutuhkan modal awal yang besar untuk memperoleh sebuah aset properti, seorang investor properti harus jeli menentukan momen yang tepat untuk membeli properti.

Bila anda beranggapan sekaranglah waktu yang tepat untuk membeli properti, karena dampak pandemi global yang berimbas pada stagnannya harga properti, maka selamat anda sudah memiliki insting seorang investor properti.

Bila ingin berkonsultasi dengan kami mengenai persyaratan membeli properti, anda bisa menghubungi tim kami di No. Telp (+62 21) 7538883, WhatsApp +62 819 7538 883 atau mengirim email pada tim kami.

Share this News:

Latest News