Hemat Ruang dengan Desain Pintu Geser Beserta Inspirasinya

News

Hemat Ruang dengan Desain Pintu Geser Beserta Inspirasinya

07 July 2021

Beberapa konsep hunian modern yang paling sering digunakan adalah minimalis, fungsional, dan hemat ruang (space-saving).

Salah satu elemen yang merealisasikan konsep efisiensi tata ruang adalah pemakaian pintu geser yang hemat tempat. Karena dengan menggunakan pintu geser, anda bisa memaksimalkan luas ruangan yang tersedia tanpa perlu khawatir akan menghalangi area bukaan pintu.

Berikut beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan desain pintu geser.

Kelebihan Menggunakan Desain Pintu Geser

Ada beberapa manfaat pintu geser atau sliding door yang bisa kita ambil dalam penerapannya pada rumah minimalis.

Kita tentu paham bahwa pola kerja pintu geser bisa menghemat space ruangan, dan hal inilah yang menjadi motif utama banyak orang memasangnya.

Belakangan, desain pintu geser ini menjadi pilihan favorit karena desainnya yang praktis dan mudah digunakan. Keberadaannya juga sangat bermanfaat bagi Anda pemilik rumah minimalis karena seperti menemukan alternatif pintu yang lebih efisien.

1. Menghemat ruang

Sifatnya yang dapat digeser ke samping membuatnya tak membutuhkan ruang yang terlalu banyak.

Bila Anda ingin menjadikan pintu geser sebagai pintu utama di rumah, pastikan memilih material yang kuat dan dapat menjamin keamanan dalam rumah.

Material untuk pintu geser yang beragam juga dapat memberi kesan tersendiri untuk eksterior ruangan.

Selain itu, karena tidak memberikan batasan antar ruang dan sudut pandang anda, secara otomatis ruangan yang sempit akan terasa lebih luas jika menggunakan pintu geser.

2. Efisiensi penggunaan listrik

Keuntungan lainnya dari menggunakan pintu geser pada rumah minimalis adalah efisiensi penggunaan listrik.

Pintu geser khususnya yang menggunakan material kaca pada permukaannya dapat menjadi arah sumber cahaya matahari yang baik.

Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran biaya listrik bulanan Anda karena mengurangi pemakaian lampu pada siang hari.

3. Bisa diterapkan sebagai sekat ruang

Pintu geser dengan kombinasi kaca yang diaplikasikan sebagai sekat bisa memberikan dua manfaat sekaligus.

Bila pintu geser ditutup, anda bisa mendapatkan dua ruangan dengan privasi masing-masing.

Sebaliknya, bila anda membuka penuh pintu geser anda, batas kedua ruangan tersebut menjadi hilang dan anda mendapatkan satu ruangan yang lebih luas.

 

Inspirasi Desain Pintu Geser untuk Rumah Anda

Desain pintu geser bisa dibuat dengan berbagai macam material. Yang paling umum digunakan adalah material kayu, aluminium dan kaca.

Berikut adalah beberapa inspirasi desain pintu geser yang bisa anda aplikasikan ke dalam rumah minimalis anda.

Desain Pintu Geser ala Hunian Japandi

Sumber: Pinterest

Hunian Japandi alias Japanese-Scandinavian mengutamakan interior yang sederhana, bersih, efisien, dan juga space saving.

Pada daun pintunya juga terdapat kaca yang berfungsi untuk menyalurkan cahaya ke seluruh ruangan.

Sekilas, konsepnya mirip dengan pintu geser khas Jepang, shoji. Pintu tersebut menggunakan kertas khusus dan sifatnya tembus cahaya.

Pintu Geser dengan Gaya Rustic

desain pintu geser rustic

Sumber: Pinterest

Desain pintu geser kayu ala rustic ini memiliki desain yang sangat sederhana. Tampilannya sangat khas rustic dengan material kayu tanpa finishing cat.

Warna asli kayu terlihat jelas dan memberikan sentuhan alami pada pintu. Bagian rel menggunakan besi warna hitam yang menciptakan kesan kokoh.

Pintu Geser Kayu Minimalis Modern

desain pintu geser kayu minimlis modern

Sumber: Pinterest

Sifat material kayu yang alami tidak akan hilang meski diolah menjadi pintu yang minimalis dan modern.

Pintu geser kayu ini menonjolkan serat halus alaminya yang khas. Aksen yang melengkapi hanyalah pegangan mungil untuk memudahkan penghuni menggeser pintu.

Rel pintu geser kayu ini tersembunyi dengan baik sehingga tampilannya begitu sempurna.

Pintu Geser Bergaya Ranch

desain pintu geser gaya ranch

Sumber: Pinterest

Desain pintu geser kayu dengan material yang biasa ditemukan pada lumbung di peternakan atau ranch Amerika ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Papan kayu disusun ke samping, lalu di bingkai dengan papan kayu lain yang lebarnya serupa. Bagian tengahnya diberi papan lagi dalam susunan horizontal dan diagonal supaya menjadi lebih kokoh.

Nah, karena menggunakan gabungan papan, serat kayu mungkin akan tampak tidak sama. Namun, disinilah letak keunikan pintu geser model ini.

Kombinasi dengan Material Kaca

desain pintu geser kayu kombinasi kaca

Sumber: Pinterest

Memadukan material kaca pada pintu geser kayu tidak akan mengurangi kesan alami. Justru, menjadikannya semakin bertahan di dunia modern.

Material kaca disematkan pada daun pintu. Sifatnya tidak tembus pandang sehingga privasi tetap terjaga.

Serat kayu yang digunakan tergolong cukup minimalis dan rapi. Dinding di samping pintu menggunakan rumpun warna yang senada sehingga desain pintu geser ini tampak menyatu dengan konsep interiornya.

 

Nah demikian 5 inspirasi desain pintu geser yang bisa terapkan pada rumah anda. Yang perlu anda perhatikan adalah perawatan dari pintu geser tersebut. Jangan sampai karena anda kurang memperhatikan perawatan pintu geser ini, malah akan menyusahkan anda.

Bila menggunakan material kayu, kayu yang dipilih pun harus kuat, seperti kayu jati dan pinus. Untuk penggunaan kayu blockboard dan HPL kurang disarankan.

Selain itu, rutinlah memberi pelumas dan bersihkan rel supaya pintu mudah digeser. Semoga artikel ini dapat menginspirasi anda semua ya!

Tetap ikuti artikel blog dari Lavanya Hills Residences untuk mengikuti perkembangan berita dan inspirasi properti terbaru.

Share this News:

Latest News