Ide Taman Rumah Minimalis yang Kreatif dan Ramah Budget

News

Ide Taman Rumah Minimalis yang Kreatif dan Ramah Budget

12 October 2020

Kenyamanan rumah bisa didapat dengan berbagai faktor seperti desain, dekorasi, dan lingkungan. Beberapa orang mendapatkan kenyamanan di rumah karena memiliki taman rumah minimalis yang cantik dan indah. Mungkin cara ini bisa kamu tiru untuk kenyamanan di rumahmu. Kamu bisa duduk santai pagi atau sore sambil minum kopi bersama anggota keluarga dan ditemani pemandangan hijau taman yang ada di rumahmu.

Taman di rumah tidak harus besar dan banyak pohon atau bunga. Tapi, kamu bisa menyiasati dengan membuat taman rumah minimalis yang bisa memberikan relaksasi sempurna. Kalau kamu memiliki lahan sempit, maka taman rumah minimalis bisa menjadi karya nyata di rumahmu.
Untuk mendesain taman rumah minimalis di lahan yang sempit memang sangat menantang. Tetapi, jika kamu berhasil membuatnya maka kamu bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Selain itu, karena lahannya kecil biaya pembuatan dan perawatan juga cukup minim.
Kamu bisa memulai dengan berkonsentrasi penuh pada detail tema dan aksen yang kamu berikan untuk taman rumah minimalis yang akan kamu buat. Kalau kamu masih bingung dan belum mendapatkan ide yang bagus, kamu bisa ikuti ide kreatif membuat taman rumah minimalis dari SpaceStock berikut ini.

Memanfaatkan Space di Luar Ruangan

Rumahmu mungkin tidak memiliki halaman yang cukup luas untuk membuat taman minimalis. Belum lagi kalau kamu memiliki kendaraan, sudah pasti sering dijadikan tempat parkir kendaraan. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan spaces yang ada di luar ruangan selain halaman rumah.
Meskipun cukup sempit, kamu bisa membuat taman rumah minimalis yang cantik dengan beberapa bunga dan tanaman hias dalam pot. Selanjutnya kamu hanya perlu melakukan tata letak yang tepat disertai dengan kursi untuk duduk-duduk atau bersantai.
Masih tentang pemanfaatan space di luar ruangan, kamu juga bisa membuat taman di balkon, jika kamu memiliki rumah minimalis tingkat. Di lantai dua atau lantai tiga rumah, kamu bisa memanfaatkan karakteristik rumah minimalis dengan arsitektur yang tidak melebar, melainkan bertumpuk.
Jadi, daripada balkon lantai atas dibiarkan menganggur, kamu bisa membuat taman dengan beberapa bunga dan tanaman hias yang mudah perawatannya. Kamu bisa meletakkan pot-pot tanaman tersebut mengelilingi balkon atau menggantungkannya di langit-langit.
Space lain di luar ruangan yang bisa kamu jadikan taman rumah minimalis adalah salah satu sudut teras rumahmu. Kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah taman dengan bunga warna warni. Meskipun kecil, taman yang kamu buat akan tetap menambah kesegaran dan estetika.
Apalagi kalau teras rumahmu memiliki anak tangga, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk meletakkan beberapa tanaman hias dalam pot di area tangga dan menambahkan rerumputan di sela-sela tangga. Dengan demikian, taman yang kamu buat di teras akan menjadi lebih unik.
Selain itu, jika rumah minimalis milikmu memiliki atap yang datar (tidak segitiga) kamu bisa memanfaatkannya untuk roof gardening atau taman di atas atap. Space di atap tentu sedikit lebih luas, sehingga kamu bisa lebih bebas dalam menentukan desain taman rumah minimalis yang kamu inginkan.

Memanfaatkan Space di dalam Ruangan

Idealnya, taman akan menambah estetika rumah jika dilihat dari luar. Namun, jika ternyata space di luar ruangan tidak mendukung, kamu bisa membuat taman di dalam rumah dengan memanfaatkan space di dalam ruangan.
Misalnya, kamu perhatikan space di bawah tangga. Jika mendukung, maka kamu bisa mengubahnya menjadi lebih menarik dengan sebuah taman rumah minimalis. Taman dalam rumah harus dekat dengan kaca agar tanaman memperoleh cukup asupan cahaya matahari.
Selain itu, kamu bisa memanfaatkan cermin berbentuk persegi pada salah satu dinding ruangan untuk memberi ilusi taman menjadi tampak lebih luas.

Memanfaatkan Dinding Eksterior Rumah

Membuat taman tidak harus selalu menanam bunga atau tanaman hias di dalam pot kemudian menatanya dengan indah atau menanam langsung di tanah. Kamu bisa memanfaatkan dinding eksterior rumah untuk membuat taman rumah minimalis.
Misalnya, kamu membuat taman khusus anak-anak yang artsy. Manfaatkan dinding belakang rumah sebagai sebuah kanvas kosong, kemudian mulailah melukis taman sesuai imajinasimu. Selanjutnya, berilah tanaman di beberapa bagian untuk menampilkan taman 3D yang super artistik.
Selain itu, kamu bisa menggunakan konsep taman vertikal yang akan membuat taman minimalis vertikal tampak sangat unik. Konsepnya adalah memanfaatkan semacam rak berbentuk pohon yang menempel pada dinding dengan beberapa ring untuk menempatkan pot.

Membuat Taman Sederhana

Inti dari minimalis adalah sederhana namun bermakna. Kamu tidak perlu membuat banyak tanaman, namun cukup membuat taman yang super simpel dengan beberapa tanaman dan bunga untuk melengkapi keindahannya. Kamu bisa membuat pada teras ataupun halaman belakang rumah.
Untuk kesan sederhana yang lebih baik, kamu bisa coba ide untuk membuat desain clean futuristic. Desain ini mempertahankan konsep putih bersih yang hanya menggunakan beberapa petak tanah sebagai area bertanam. Warna putih bersih menjadi sangat sempurna untuk menunjukkan halaman rumah yang sederhana, elegan, dan tampak modern.

Menggunakan Pot Semen Minimalis

Menanam bunga dan tanaman hias secara langsung pada tanah di halaman rumah bisa menimbulkan kesan berantakan dan akan mempersempit ruang.
Maka itu, kamu bisa menempatkan tanaman hias atau bunga secara berderet pada pot semen minimalis untuk menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia. Dengan demikian, taman tampak rumah minimalis yang kamu buat akan tampak lebih ringkas.

Model Area Rumput Terbuka

Agar taman rumah minimalis yang dibuat pada tanah sempit tampak lebih luas dan lega. Kamu bisa mendesain taman dengan dengan memaksimalkan hamparan rumput hijau yang luas.
Kuncinya adalah kamu harus menempatkan rumput teki atau rumput gajah saja tanpa ada tanaman atau bunga lain di bagian tengah taman.
Area rumput berbentuk segiempat atau lingkaran akan menjadi titik fokus yang tepat untuk membuat taman tampak lebih lapang.
Selanjutnya, kamu bisa menambahkan tumbuhan lain di sekeliling area rumput sehingga taman yang kamu buat menjadi lebih cantik dan menyegarkan mata.

Menggunakan Elemen Air

Hidup di tengah perkotaan, mungkin sangat jarang mendengarkan suara gemericik air yang alami. Namun, kamu bisa membuat suara tersebut untuk membangkitkan ketenangan jiwa dan pikiran.
Kamu bisa menambahkan sebuah kolam dan air mancur kecil untuk memberikan makna lebih dalam taman rumah minimalis yang akan kamu buat. Cobalah merancang dengan membuat kolam kecil dan penempatan air mancur yang unik. Di sekeliling kolam kamu bisa menempatkan beberapa pot tanaman hias. Jika kamu mau, kamu juga bisa memelihara beberapa ekor ikan hias di dalam kolam.
Taman minimalis dengan air mancur akan sangat membuat kamu nyaman bukan hanya saat siang hari. Untuk malam hari bisa kamu jadikan tempat rileks setelah seharian bekerja. Caranya, kamu bisa menambahkan beberapa lampu downlight LED. Selain mempercantik visual taman di malam hari, pencahayaan yang tepat juga dapat menyiasati lahan taman yang sempit menjadi tampak agak lebih lapang.
Dari beberapa ide kreatif membuat taman rumah minimalis di atas, kamu bisa pilih salah satu yang sesuai dengan kondisi rumahmu. Kamu juga bisa berkreasi dengan ide sendiri,untuk menambah sentuhan kenyamanan hunian.

Sumber: SpaceStock

Share this News:

Latest News