Inspirasi Desain Rumah Minimalis di Tahun 2021

News

Inspirasi Desain Rumah Minimalis di Tahun 2021

10 November 2020

Berhenti sejenak dari segala kesibukan anda untuk meluangkan waktu bersama kami, mewujudkan inspirasi desain rumah minimalis untuk rumah baru anda di tahun depan.

Mengapa kami memilih desain rumah minimalis sebagai topik artikel hari ini?

Definisi minimalis di dalam tren desain sudah mengalami pergeseran, terlebih di tahun 2020 ini. Krisis yang kita alami hampir sepanjang tahun ini membawa kita menuju suatu tren lifestyle baru, termasuk di dalamnya adalah tren desain interior rumah. Apa yang kita alami sekarang ini seakan “memaksa” kita untuk memangkas apapun yang tidak/kurang berguna bagi kita dan hanya menyisakan hal-hal mendasar yang paling penting bagi kehidupan kita.

Mengutip dari quote terkenal Ludwig Mies van der Rohe, seorang arsitek Amerika keturunan Jerman, konsep “Less is More” benar-benar diterapkan dalam desain rumah minimalis. Disini arti minimalis itu sendiri bukan berarti hanya semata tentang absennya banyak benda di dalam ruang, namun lebih kepada memilih hal yang memiliki fungsi paling penting bagi kita, baik jiwa maupun raga.

 

Karakter Desain Rumah Minimalis

Menurut yr-architecture terdapat 5 karakter yang harus dimiliki oleh sebuah desain rumah minimalis, yaitu:

 

1. Bentuk dan Fungsi yang Simpel

Banyak rumah minimalis memiliki desain yang simpel, tanpa basa-basi dan efisien, hal ini bisa dilihat dari banyaknya space yang dimiliki oleh sebuah desain rumah minimalis. Bentuk sederhana dan fungsional, dinding interior yang lebih flat, ruang penyimpanan sederhana, dan hanya memiliki satu atau dua aksentuasi saja adalah karakter penegas dari sebuah desain rumah minimalis.

 

2. Cladding yang Tidak Rumit dan Dinding Unfinished

Desain rumah minimalis juga biasanya memiliki material cladding simpel pada eksterior rumah, hal ini justru membuat tampilan visual yang sangat menarik. Selain itu pemakaian tekstur dinding tanpa finishing justru menimbulkan efek modern bagi rumah dengan tipe ini.

 

3. Ruangan yang Clean, Terbuka dan Terang

Ruangan yang hampir “bersih” dari segala aksentuasi, memiliki banyak kaca yang mengizinkan masuknya banyak cahaya matahari juga menjadi salah satu ciri dari sebuah desain rumah minimalis.

 

4. Detail Sederhana, tanpa Dekorasi

Walaupun terkesan flat dan simpel, namun desain rumah minimalis juga memiliki detail kecil dan sederhana yang kadang justru menjadi emphasis dari keseluruhan desain.

 

5. Pemilihan Material dan Palet Warna sebagai Daya Tarik Visual

Penggunaan dan pemilihan material yang kreatif dalam desain rumah minimalis sering dipakai sebagai daya tarik sebuah rumah dengan desain yang minimalis. Semisal sebuah ruangan kamar mandi dengan dominasi warna abu-abu pucat tidak akan terlihat membosankan bila sang arsitek memakai batu alam sebagai dindingnya, karena tekstur yang dimilikinya menguatkan kesan kamar mandi yang mewah dan nyaman.

 

Lalu, Bagaimana Tren Desain Rumah Minimalis di Tahun 2021?

Menurut trendesignbook, inilah beberapa hal yang akan menjadi tren desain rumah minimalis di tahun 2021:

 

Clear Space dengan Perabot Minimalis dan Mewah

Penggunaan clear space yang dominan masih menjadi favorit bagi para arsitek dan desainer interior di tahun 2021.

Furniture yang minimalis dan mewah menjadi pilihan untuk menampilkan kesan simpel, namun berkelas.

 

Material Natural

Material natural diperkirakan juga masih merajai tren desain rumah minimalis di tahun 2021.

Penempatan tanaman di dalam interior minimalis, atau rangkaian parket kayu yang berkesinambungan dari flooring hingga atap akan berperan besar sebagai daya tarik visual.

Pemilihan material alam merupakan favorit para arsitektur dan desainer interior karena mampu memberikan kesan lembut dan homy bagi rumah impian anda.

 

Palet Warna Cool dan Lembut

Warna-warna lembut dan dingin diperkirakan akan mendominasi tren desain rumah minimalis tahun depan. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk bereksperimen dengan warna cerah bagi rumah impian anda di tahun depan, hanya saja mungkin untuk pengaplikasiannya digunakan lebih sebagai aksentuasi sebuah ruangan.

 

Lavanya Hills Residences Mengadopsi Konsep Minimalis

Lavanya Hills Residences sendiri memiliki hampir semua aspek dari desain rumah minimalis. Sebagai perumahan dengan karakter modern, berkelas, fungsional, namun memiliki environment yang sehat dan asri, sudah memenuhi aspek-aspek desain rumah minimalis seperti yang sudah kami jabarkan di atas.

Lihat Tipe-tipe rumah di Lavanya Hills Residences.

Atau anda bisa menghubungi tim kami di:

Live chat website

No. telepon (021)7538883 atau

WhatsApp di 0878 7777 8883

Share this News:

Latest News