Inspirasi Sekat Ruangan untuk Rumah Minimalis

News

Inspirasi Sekat Ruangan untuk Rumah Minimalis

19 April 2021

Setiap ruangan dalam hunian anda, tidak harus dipisahkan oleh dinding permanen. Anda bisa memberi pembatas dengan meletakkan sekat ruangan, untuk memberikan kesan yang lebih luas. Terlebih bila rumah anda adalah rumah minimalis yang tidak memiliki ruangan yang terlalu luas.

Pemilihan sekat ruangan ini tidak bisa disepelekan begitu saja, karena akan mempengaruhi estetika interior ruangan anda. Sebaliknya, bila anda memilih sekat ruangan yang tepat, selain anda memperoleh fungsinya secara maksimal, ruangan anda juga akan memiliki nilai tambah dari segi visual.

Ada banyak orang yang tidak tanggung-tanggung saat merancang sekat ruangan, dengan menggunakan material mahal seperti kaca, besi, atau yang lainnya. Anda tidak perlu khawatir, karena sekat ruangan yang estetis dan indah bisa juga anda hadirkan dengan biaya yang tidak menguras kantong.

Dengan sedikit kreativitas, anda bisa memilih berbagai pilihan desain sekat ruangan yang ramah kantong untuk rumah minimalis anda!

Sekat Ruangan Berkonsep Natural

Anda bisa memanfaatkan batang-batang pohon yang habis ditebang untuk memilih konsep sekat ruangan ini.

Pilih batang-batang kayu berdiameter kecil supaya lebih ringan dan mudah untuk disusun. Anda bisa meletakkannya sebagai sekat antara ruang keluarga dan ruang makan.

Bila anda menginginkan kesan yang lebih terbuka, atur batang-batang pohonnya dengan jarak yang lebih jauh.

Beri sentuhan akhir dengan lampu sorot dari bawah untuk menambah kesan estetik-natural.

Sekat Ruangan Ramah Lingkungan

Tahukah anda terbuat dari apakah sekat ruangan diatas? Jika anda menjawab pipa PVC, maka anda benar! Yup, kita juga bisa mempergunakan sisa potongan pipa PVC untuk kemudian kita jadikan sekat ruangan yang cantik.

Susun potongan-potongan pipa PVC anda dan poleslah dengan cat yang senada dengan interior ruangan anda.

Mengkombinasikan berbagai ukuran pipa PVC menjadi salah satu cara menghadirkan sekat ruangan yang modern dan dinamis. Tidak hanya menjadikan ruangan anda terlihat lebih estetis, sekat ruangan dari pipa PVC ini juga sangat mudah dibuat dan tentunya tidak memerlukan biaya yang banyak.

Sekat Ruangan Taman Gantung

Siapa sangka ternyata taman gantung vertikal, selain memberikan kesegaran ruangan, bisa berfungsi sebagai sekat ruangan di dalam rumah anda.

Gantung pot-pot tanaman indoor anda dengan mempergunakan kawat yang menancap di langit-langit rumah. Kemudian atur level ketinggian pot-pot tersebut secara acak untuk menampilkan kesan dinamis.

Sekat ruangan ini sangat cocok bagi anda penyuka tanaman, terutama tanaman indoor untuk menghasilkan satu konsep ruangan yang apik.

Kayu Palet Bekas Jadi Sekat

Anda juga bisa membuat sekat ruangan minim biaya dari papan kayu palet yang sudah tak terpakai.

Susun kayu palet secara zigzag dengan menyambungkannya menggunakan engsel. Setelah papan kayu palet bisa berdiri tegak, kini anda bisa memanfaatkannya sebagai sekat ruangan.

Tambahkan aksen hiasan dinding gantung atau foto-foto keluarga anda pada sekat ruangan ini sehingga terlihat jadi jauh lebih menarik.

Sekat Ruangan Sekaligus Galeri Pribadi

Daripada sekedar memenuhi dinding, anda juga memanfaatkan foto-foto bersama keluarga anda menjadi sekat ruangan yang kreatif dengan menyatukan frame-frame foto koleksi anda dengan rangka besi atau kayu.

Tidak sekedar menjadi sekat ruangan yang menarik, kehadiran kolase foto-foto ini tentu akan membuat ruang di dalam rumah terkesan lebih homey.

Anda bisa menambahkan engsel putar sehingga bingkai-bingkai foto tersebut bisa diputar sesuai arah.

Cetak juga foto dalam warna senada seperti hitam putih atau sephia. Dengan begitu, sekat ruang akan terlihat lebih artistik dan menyatu tanpa menjadi dominan.

 

Demikian berbagai pilihan sekat ruangan ramah budget untuk rumah minimalis anda, Meski hanya membutuhkan biaya yang minim, dengan pemilihan material dan warna yang tepat, serta penataan yang pas, sekat ruangan ini mampu memberikan nilai estetis lebih pada ruangan anda.

Semoga menginspirasi anda untuk membuat ruangan hunian anda menjadi lebih artistik.

Yang mana sekat ruangan favorit anda?

Baca juga mengenai inspirasi desain rumah minimalis

 

Share this News:

Latest News