Investasi Emas atau Investasi Properti, Mana yang Lebih Baik?

News

Investasi Emas atau Investasi Properti, Mana yang Lebih Baik?

18 March 2021

Guna mengantisipasi dampak pandemi yang berkepanjangan, investasi menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan keuangan sekaligus sebagai jaminan akan ketidakpastian masa depan.

Dari sekian banyak instrumen investasi, emas menjadi salah satu pilihan. Logam mulia ini banyak dipilih karena mayoritas masyarakat sudah familiar dengan instrumen ini serta mudah dijangkau. Emas juga bisa disetarakan dengan dana tunai karena lebih mudah dicairkan. Sehingga penggunaannya pun bisa dimaksimalkan untuk dana darurat ataupun kebutuhan mendesak lainnya.

Hal ini dapat ditemukan juga pada instrumen investasi properti. Pertanyaannya mana yang lebih baik? Investasi emas atau investasi properti. Mari kita lihat beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai 2 instrumen investasi ini.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Investasi Emas dan Investasi Properti

Sebenarnya, semua jenis instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, jika anda dihadapkan pada pilihan investasi properti atau emas, kira-kira investasi mana yang anda pilih?

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu anda ketahui tentang dua jenis instrumen investasi ini.

Anti Inflasi

Kedua instrumen investasi ini boleh dibilang tidak tergerus inflasi. Keduanya termasuk stabil pertumbuhan nilainya dari tahun ke tahun. Harganya cenderung stabil, walaupun kadang terkoreksi jarang sekali mengalami penurunan yang drastis.

Waktu

Emas sangat cocok untuk investasi jangka pendek hingga menengah. Sedangkan seperti anda ketahui, properti rumah dan tanah adalah instrumen jangka panjang.

Hal ini dikarenakan instrumen emas lebih likuid, atau lebih mudah dijual dibanding properti. Namun bila anda menargetkan keuntungan jangka panjang, pertumbuhan harga properti diatas 10 tahun sangatlah menjanjikan.

Jadi tetapkan terlebih dahulu, apa tujuan investasi anda.

Cara Pembelian

Emas, bisa dibeli secara tunai maupun kredit. Begitu juga dengan properti, anda bisa mengajukan pinjaman ke bank untuk kemudian membeli properti tersebut dengan cara mengangsur setiap bulannya.

Namun, membeli emas dengan kredit beresiko mengalami harga yang berfluktuasi dengan cepat. Di satu sisi anda masih harus membayar beban bunga yang tetap dari pembelian secara kredit, namun nilai emas anda malah mengalami penurunan.

Sehingga anda harus ekstra hati-hati menghadapi naik-turunnya harga emas yang sangat cepat. Salah-salah anda malah menjualnya di saat harganya sedang jatuh, hanya untuk menutupi angsuran emas anda.

Sedangkan properti memiliki pergerakan harga yang lebih stabil dalam jangka waktu tertentu. Jadi anda sebagai investor bisa lebih tenang dari hari ke hari.

Baca juga mengenai syarat pengajuan KPR

Jadi Pilih yang Mana? Investasi Emas atau Investasi Properti?

Perencana keuangan Safir Senduk pernah mengatakan kepada Kompas, bahwa pada masa krisis seperti sekarang ini, investasi properti sangat tepat dilakukan, karena ada beberapa faktor yang membuat investasi properti adalah investasi yang tepat di saat krisis:

Bila disimpulkan, berikut poin-poin yang bisa kita ambil dari perbandingan Investasi Properti dan Investasi Emas;

  Investasi Properti Investasi Emas
Bisa disewakan, untuk mendapatkan pendapatan pasif Ya Tidak
Harga Murah Saat Krisis Ya Ya/Tidak (Fluktuatif)
Bisa Mendapatkan Harga Promosi Ya Tidak
Kenaikan harga setiap tahun Ya Ya/Tidak (Fluktuatif)
Bisa dipakai/ditempati Ya Tidak

Lihat juga beberapa jenis investasi properti yang menguntungkan

Salah satunya adalah Lavanya Hills Residences;

Lihat Promosi Terkini

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penawaran ini secara lebih mendetail kami siap membantu anda di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News