Kerja dari Rumah: Menjadi Tutor Online

News

Kerja dari Rumah: Menjadi Tutor Online

08 December 2020

Program bimbingan belajar, baik dari lembaga pendidikan maupun secara privat perorangan memang sudah ada sejak lama. Namun, sejak merebaknya pandemi pada awal tahun 2020 ini, menuntut kita semua untuk bekerja dari rumah.

Lembaga pendidikan juga tidak luput dari dampak pandemi ini, sehingga penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar juga harus beradaptasi menjadi sekolah secara online.

Bila anda adalah kebetulan seorang guru les privat, atau mungkin anda seorang ibu rumah tangga yang ingin berbagi ilmu yang anda miliki dengan menjadi seorang tutor atau pengajar, anda juga harus mempersiapkan diri dengan metode pengajaran online.

Selain ilmu yang siap anda bagikan, apa saja persiapan yang perlu anda lakukan untuk menjadi seorang tutor online?

Persiapkan Peralatan

Kini untuk menjadi seorang pengajar atau tutor tidak hanya cukup dibekali dengan ilmu yang akan diajarkan, namun juga seorang tutor atau pengajar juga harus siap beradaptasi dengan kondisi proses mengajar melalui online.

Apa saja yang dibutuhkan seorang tutor online sebelum memulai proses pendidikan online-nya?

  • Komputer / Laptop

Tidak akan ada proses belajar mengajar tanpa hadirnya sebuah laptop atau PC sebagai perlengkapan utama anda. Dengan budget Rp 5-10 juta anda sudah bisa memiliki sebuah laptop yang mumpuni untuk dipakai sebagai alat pengajaran anda.

  • Webcam

Bila anda menggunakan laptop biasanya sudah dilengkapi dengan built-in webcam di dalamnya. Bila anda menggunakan komputer desktop atau PC, anda harus menambahkan sebuah webcam eksternal. Anda juga bisa memakai kamera smartphone anda sebagai webcam, hanya saja anda harus login bersamaan dari PC dan smartphone anda.

  • Headset

Laptop biasanya sudah memiliki built-in microphone di dalamnya. Namun kendala yang sering ditemui dalam proses pengajaran online adalah suara si tutor menggema atau timbul tenggelam, sehingga komunikasi antara pengajar dan peserta didik menjadi terhambat.

Anda bisa mempersiapkan budget mulai dari Rp 200 ribu untuk mengatasi hal ini dengan penambahan headset plus microphone yang memadai.

  • Software / Perangkat Lunak

Kini tersedia berbagai pilihan perangkat lunak untuk video call atau video conference. Anda bisa memilih menggunakan Google Meet atau Zoom atau Microsoft Teams untuk melakukan video conference dengan peserta didik anda.

  • Akun Penyimpanan Berbasis Cloud

Anda bisa menggunakan Google Classroom yang sudah terkoneksi dengan akun Google Drive anda untuk menjadwalkan dan memberikan tugas atau tes kepada peserta didik anda. Maksimalkan juga Google Form sebagai lembar ujian anda.

Koneksi Internet yang Memadai

Durasi sebuah video conference biasanya berkisar antara 45-60 menit dengan komunikasi dua arah yang hampir tidak terputus. Karena itu anda membutuhkan jaringan internet yang stabil dan berkecepatan tinggi.

Sebagai perumahan yang berkonsep BEAUTIFUL GREEN SMART LIVING, Lavanya Hills Residences menawarkan berbagai fitur modern kepada anda, salah satunya adalah jaringan internet broadband berkecepatan tinggi. Sehingga anda tidak akan perlu khawatir tiba-tiba komunikasi anda tersendat karena jaringan internet yang tidak stabil.

Baca juga beberapa pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah

Sumber Daya Online Pendukung Kelas Anda

Manfaatkan pesatnya arus informasi yang bisa anda dapatkan secara online untuk terus mengasah kemampuan anda mengajar. Mulai dari YouTube, MOOCs, Babbel hingga Duolingo, anda bisa mendapatkan materi-materi pengajaran berdasarkan kurikulum terbaru.

Generasi milenial adalah generasi yang kritis dan lincah mengikuti setiap perkembangan tren teknologi. Anda harus terus mengasah skill anda agar anda mampu menanggapi setiap pertanyaan yang dilontarkan peserta didik anda.

Bila anda ingin menambah kualitas CV anda sebagai tutor online yang berkualitas, anda bisa mendapatkan e-certificate atau sertifikat pendidikan secara online.

Pilih Bentuk Kelas Online Anda

Anda bisa memilih di antara dua pilihan di bawah ini.

Bergabung dengan Lembaga Pendidikan Online

Anda bisa bergabung di tim ruangguru atau skill academy sebagai salah satu tim pengajar mereka. Bila anda merasa bahwa skill mengajar anda sudah berada di taraf internasional, anda bisa mencoba bergabung di Udemy, salah satu website channel pendidikan terbesar,

Membuat Kelas Sendiri

Anda bisa memiliki website sendiri yang berisi materi pelatihan dalam bentuk ebook atau audiobook beserta modul pengajarannya. Anda juga bisa membuat channel YouTube yang berisi tentang materi pengajaran anda. Bila channel anda digemari, anda bisa menambah pemasukan dari hasil monetizing konten channel YouTube.

Baca juga cara membuat studio untuk konten YouTube disini.

Semoga sharing kami mengenai menjadi tutor online ini bisa membantu anda.

Bila ingin berdiskusi lebih mendalam dengan kami, anda bisa menghubungi tim kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News