Manfaat Bersepeda bagi Anda di Saat Pandemi

News

Manfaat Bersepeda bagi Anda di Saat Pandemi

05 December 2020

Salah satu olahraga yang cukup populer selama pandemi yaitu bersepeda. Selain untuk menjaga kebugaran, bersepeda jadi salah satu aktivitas yang digandrungi selama pandemi COVID-19 karena bisa jadi hiburan di luar rumah sembari menghirup nafas segar.

Seperti dilansir oleh tirto.id, Dr. Muliadi Limanjaya dari RS Pondok Indah, Bintaro Jaya menuturkan manfaat dan waktu yang tepat untuk bersepeda di tengah pandemi.

Dr. Muliadi juga mengatakan, bersepeda adalah olahraga kardio yang bersifat aerobik atau jenis olahraga low impact yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, beliau menganjurkan olahraga dilakukan dengan durasi minimal 2,5 jam dalam seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang, sesuai dengan kondisi fisik anda.

Ketika anda bersepeda, sempatkanlah untuk berhenti dan melakukan stretching. Setelah itu lanjutkan kembali. Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, serta minum cukup cairan untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar ketika anda bersepeda.

Manfaat Bersepeda bagi Tubuh Anda

Sesuai penjelasan Dr. Muliadi diatas, bersepeda adalah olahraga kardio yang bersifat aerobik atau jenis olahraga low impact yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Apa saja manfaat bersepeda yang lain? Mari kita bahas satu persatu.

Meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah

Dengan melakukan aktivitas kardio seperti bersepeda, jantung anda akan terpacu lebih cepat, sehingga merangsang peredaran darah ke seluruh tubuh yang lebih lancar.

Meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot

Otot yang digerakkan terus menerus dan dibantu dengan peredaran darah yang lancar, selama bersepeda akan mencegah kekakuan otot.

Memperbaiki dan meningkatkan mobilitas sendi

Seperti semakin lenturnya otot setelah bersepeda, gerakan kaki yang kontinu dari bersepeda, akan mencegah juga kekakuan sendi-sendi anda.

Menurunkan tingkat stres, kecemasan, hingga mencegah potensi depresi

“Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Pandemi ini cukup membuat semua orang mengalami stres dan bahkan depresi. Dengan berolahraga bersepeda secara rutin, akan membuat tubuh anda bugar dan otomatis membuat anda menjadi lebih positif dalam menyikapi setiap kejadian di sekitar anda.

Memperbaiki postur dan koordinasi

Kendala yang sering dialami para pekerja kantoran adalah postur tubuh yang buruk akibat terlalu lama duduk dan tidak bergerak dalam waktu yang lama. Dengan bersepeda secara rutin, tubuh anda akan bergerak dengan aktif dan secara tidak langsung akan mengembalikan postur tubuh anda ke bentuk aslinya.

Membantu mengurangi persentase lemak tubuh

Semakin banyak keringat yang keluar saat bersepeda, turut serta juga membakar kandungan lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sehingga obesitas dapat dihindari.

Mengurangi risiko penyakit

Semakin baiknya fungsi tubuh yang didapat dari bersepeda, makin jauh juga resiko penyakit bagi anda. Bersepeda mampu meminimalisir gangguan jantung dan resiko stroke, meningkatkan kesehatan paru-paru, dll.

Amankah Bersepeda selama Pandemi?

Pada dasarnya, bersepeda di masa pandemi ini aman. Asalkan, Anda harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Misalnya, menggunakan masker kain selama berolahraga. Seperti dikutip dari laman jovee.id, dr. Falla Adinda, mengatakan, “Bersepeda memang olahraga yang menyenangkan. Tapi ingat, ini masih pandemi. Artinya tetap dibutuhkan tanggung jawab dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Jangan sampai yang niatnya untuk meningkatkan sistem imun malah menjadi sumber penularan Covid-19.”

Para ahli menyarankan pula untuk bersepeda dengan intensitas ringan. Karena pemakaian masker dan olahraga yang dilakukan dengan intensitas berat dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke paru-paru. Jika terus berlanjut, Anda bisa mengalami hipoksia, kondisi dimana jaringan tubuh kekurangan oksigen.

Tips Bersepeda yang Aman Selama Pandemi.

Dikutip dari laman Hospital for Special Surgery Amerika Serikat, Anda harus membersihkan seluruh permukaan sepeda, baik sebelum maupun sesudah bersepeda. Anda juga sebaiknya membersihkan helm untuk meminimalisir kemungkinan berpindahnya virus dari lingkungan ke tubuh.

Saat bersepeda, hendaknya Anda jangan mampir dan berhenti di tempat yang ramai. Disarankan untuk membawa minuman dan makanan camilan dari rumah. Kalau Anda butuh istirahat, jagalah jarak fisik minimal 2 meter dengan orang lain atau carilah tempat yang sepi.

Sebisa mungkin, pilihlah rute yang tidak terlalu ramai atau rute yang memang menyediakan jalur sepeda.

Hal ini bisa dilakukan di dalam kompleks Lavanya Hills Residences. Selain kawasan dalam perumahan ini eksklusif sehingga tidak semua orang bisa masuk kedalamnya, lahan perumahan Lavanya Hills seluas 9.5 Hektar ini didominasi dengan pepohonan rindang dan ruang terbuka hijau yang banyak.

Bersepeda di dalam kawasan Lavanya Hills Residences sendiri juga menumbuhkan rasa aman bagi anda, karena one gate system yang dijaga oleh tim keamanan Lavanya 24 jam penuh, tidak akan memperbolehkan sembarang orang untuk memasuki kawasan ini.

 

Ingin merasakan seperti apa rasanya bersepeda yang aman dan menyenangkan di dalam lingkungan tempat tinggal anda sendiri?

Bila ingin mengetahui informasi lanjut mengenai Lavanya Hills Residences, bisa menghubungi tim kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News