Mengenal Desain Interior Japandi Beserta Inspirasinya

News

Mengenal Desain Interior Japandi Beserta Inspirasinya

14 May 2021

Belakangan ini desain interior “Japanese - Scandinavia” atau lebih populernya disebut Japandi ini, sedang naik daun dan menjadi konsep interior dari banyak produk perumahan.

Meski terpisah sejauh 8000 km, ternyata Jepang dan Skandinavia memiliki banyak kemiripan - paling tidak hal ini tercermin dari desain interiornya.

Walaupun memiliki kultur budaya yang berbeda, namun gaya desain interior dari kedua belahan dunia ini sama-sama menonjolkan minimalis yang lebih mementingkan fungsi.

Keduanya juga sering menggunakan elemen bercita rasa seni yang berasal dari material alam.

Anda tertarik mengetahui lebih dalam mengenai desain interior Japandi ini?
Mari kita simak bersama-sama penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Desain Interior Japandi

Desain interior Japandi Style merupakan gaya desain interior yang baru muncul pada tahun 2017 kemarin.

Meskipun pada dasarnya kedua gaya ini memiliki sentuhan yang berbeda, tetapi keduanya dapat saling melengkapi sehingga menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Filosofi pada Desain Interior Japandi

Mengutip dari pernyataan Kris Manalo, senior upholstery buyer di Heal’s, kepada BBC; “Desain interior Japandi memiliki dua elemen pembentuk “Hygge” dan “Wabi-Sabi”.

“Hygge” adalah elemen utama dari desain interior bergaya Scandinavian yang berarti; “Perasaan tenang dan homey”. Sedangkan “Wabi-Sabi” yang berasal dari ungkapan Jepang memiliki makna; “Keindahan dalam ketidaksempurnaan.”

Keduanya berpadu untuk menciptakan atmosfer bebas stres di rumah. Sesuai penuturan Kris juga, hal ini sangat cocok dengan gaya hidup perkotaan yang super sibuk dan rawan stres.

Bila kita telaah lebih dalam, kita bisa mendapatkan 5 poin utama dari elemen desain interior Japandi ini;

1. Simpel dan Estetik

Sumber: homeplistic.com

Untuk menciptakan ruangan bergaya Japandi modern, pergunakan furniture yang simple dan estetik.

Kesan clean dan minimalis dari gaya Scandinavian sangat menonjol pada keseluruhan desain interior Japandi ini.

Elemen natural dan artistik muncul pada ukiran rotan pada kursi, pot dan kap lampu gantung.

2. Kesan Hangat dan Homey

Sumber: pinterest.com

Elemen ‘hygge’ dari gaya Scandinavian adalah perwujudan dari kehangatan dan kesan homey yang dirasakan dari desain interior Japandi ini.

Pemilihan furniture atau elemen kayu pada desain interior Japandi ini mampu menghadirkan kesan tersebut.

3. Furniture Hemat Ruang

Sumber: pinterest.com

Desain interior Japandi adalah desain interior modern yang mengedepankan minimalisme dan fungsi dari setiap elemen yang ada di dalam ruangan.

Pilih furniture praktis yang hemat ruang dan praktis dan mampu memberikan tampilan white-space dominan.

Meja lipat dinding dan kabinet geser dengan material kayu adalah beberapa pilihan furniture yang bisa anda pilih.

4. Keindahan dalam Ketidaksempurnaan

Sumber: elledecor.com

Karena desain interior Japandi memiliki elemen ‘wabi-sabi’ yang berarti ‘Keindahan dalam ketidaksempurnaan’, maka jangan lupakan elemen ini bila anda ingin mengadopsi gaya Japandi di dalam desain interior anda.

Anda bisa melihat ‘ketidaksempurnaan’ dari elemen interior diatas yang justru memberikan keunikan tersendiri dari gaya desain interior ini.

Setiap desain interior Japandi akan unik dan berbeda pada setiap penerapannya, namun mereka memiliki benang merah yang sama.

Inspirasi Desain Interior Japandi

Setelah sedikit mengetahui beberapa elemen dan filosofi pembentuk desain interior ini, mari kita coba lihat beberapa inspirasi desain interior Japandi yang bisa anda terapkan pada rumah idaman anda.

1. Ruang Tamu

Sumber: index.design.ca

Anda bisa menghadirkan elemen natural di ruang tamu anda. Seperti furniture yang terbuat dari kayu, tembok pembatas kayu atau bambu, maupun menghadirkan tanaman. Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari gaya desain interior Japandi.

2. Ruang Makan

Sumber: homedit.com

Pilih furniture dan dekorasi ruangan dengan desain minimalis. Hindari meletakkan ornamen yang terlalu banyak pada ruangan karena akan mengurangi nilai estetik dan minimalis dari desain interior ini.

3. Dapur

Sumber: vwartclub.com

Pilih material natural dan clean untuk menjadikan rangkaian konsep yang indah dari depan hingga belakang rumah anda. Tambahkan tanaman indoor untuk mempercantik dan memperkuat konsep Japandi.

4. Kamar Tidur

Sumber: poshpennies.com

Anda bisa mempergunakan tempat tidur custom bergaya Jepang. Jangan lupa pergunakan material kayu untuk bedding anda. Anda juga bisa mengganti karpet dengan tatami (karpet jerami Jepang).

5. Kamar Mandi

Sumber: hellolovelystudio.com

Apakah anda melihat perpaduannya? Bathtub dan dinding putih bersih ala Scandinavian yang bercampur dengan kursi dan rak kayu ala furniture Jepang.

Tetap jaga juga kesan minimalis ya? Dengan memperhatikan jarak antar elemennya.

Untuk konsep Japandi modern, ada gabungan antara gaya simpel dan menawan ala hotel yang bernuansa homey.

Pemilihan furniture bisa jadi kunci yang efektif. Prioritaskanlah furnitur multifungsi dan space-saving, seperti tempat tidur berlaci untuk sekaligus menyimpan perlengkapan tidur atau rak dinding supaya bisa menempatkan dekorasi hijau yang identik dengan style Japandi.

Pilihlah dekorasi yang eye-catching alias yang bisa mencuri perhatian. Contohnya, lighting yang bergaya futuristik sampai karya seni yang artistik.

Bagaimana dengan anda? Tertarik memiliki hunian bergaya Japandi?

Tetap ikuti artikel kami di lavanyahillsresidences.com

Share this News:

Latest News