Pengertian Rumah Split Level dan Kelebihannya

News

Pengertian Rumah Split Level dan Kelebihannya

22 April 2021

Anda pernah mendengar istilah rumah split level? Atau bahkan sudah pernah melihat rancangan rumah split level?

Jika belum pernah, yuk, kita simak artikel ini mengenai berbagai hal dan fakta terkait rumah split level berikut!

Pengertian dan Asal Muasal Desain Rumah Split Level

Pengertian Rumah Split Level

Rumah split level adalah rumah yang memiliki tingkat ketinggian lantai atau level berbeda pada hampir setiap ruangan di dalamnya. Umumnya, setiap levelnya memiliki ketinggian setengah dari lantai biasa.

Tangga pendek yang terdiri dari beberapa anak tangga kerap menjadi penghubung antar-level. Biasanya, terdapat tiga hingga empat level dalam sebuah rumah, namun jumlah level bisa berbeda untuk setiap tipe split level.

Asal Muasal Desain Rumah Split Level

Gaya rumah split level merupakan varian dari rumah bergaya ranch-style, di mana split level memiliki kemampuan pemanfaatan ruang yang lebih baik.

Gaya rumah yang dikembangkan oleh Frank Lloyd Wright ini mulai diperkenalkan di awal abad ke 20. Lloyd Wright memiliki keyakinan bahwa rumah seperti ini merupakan pilihan hunian yang terjangkau bagi kebanyakan masyarakat Amerika.

Popularitasnya sendiri mulai berkembang pada dekade 50 dan 60-an setelah Perang Dunia II. Pada masa tersebut, rumah split level menjadi gaya rumah pilihan bagi warga kelas menengah di Amerika.

Setelah popularitasnya sempat meredup, beberapa tahun belakangan ini, gaya desain split level ini mulai kembali digemari.

Kelebihan Memiliki Rumah Split Level

Selain menjadi “konsep” hunian yang unik, desain rumah split level ini juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain;

1. Memberikan Kesan Open dan Luas

Sama seperti halnya saat memberikan void pada rumah, kehadiran rumah split level memberikan suasana lebih lapang dan terbuka pada hunian.

Hal ini juga membuat rumah split level lebih terasa akrab dan homey karena setiap ruang yang terhubung dengan tangga tanpa sekat masif.

Selain itu, komunikasi antar penghuni rumah menjadi jauh lebih mudah dan dekat dengan memanfaatkan konsep rumah split level.

2. Memperbanyak Ruang Tambahan

Pada rancangan rumah split level yang baik, kehadiran rumah split level bisa memberikan efisiensi ruang yang baik.

Anda bahkan bisa mendapatkan tambahan ruang untuk berbagai fungsi lain. Selain itu, perbedaan level juga membantu anda, memberikan pemisahan fungsi dan zona pada setiap ruang yang lebih baik.

3. Solusi untuk Rumah di Lahan Berkontur

Desain rumah split level adalah sebuah solusi yang efisien untuk menyiasati lahan berkontur. Karena anda tidak perlu terlalu repot meratakan atau menimbun area berkontur bagi rumah anda nantinya.

4. Sirkulasi Udara dan Pencahayaan yang Baik

Karena sifatnya yang terbuka, rumah split level akan memberikan sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang lebih baik pada hunian. Tidak hanya mengatur sirkulasi udara dan cahaya dalam ruangan, penerapan yang tepat membuat rumah split level juga bisa menangkap sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang jauh lebih baik daripada rumah tanpa perbedaan level lantai seperti rumah split level.

 

Demikian beberapa hal yang bisa kami sharingkan mengenai desain rumah split level, semoga bisa menginspirasi anda.

Rumah Split Level di Lavanya Hills Residences

Di Lavanya Hills Residences sendiri anda dapat menemukan desain rumah split level pada salah satu tipe rumah yang kami miliki.

Tipe rumah tersebut adalah Lalitha.

Rumah seluas 222mini memiliki desain split level dari transisi yang bisa anda temui saat memasuki rumah ini dari arah parkiran menuju pintu depan. 

Fitur Rumah Lalitha:

  • 2 Lantai (1 Split Level)
  • 4 (+1) Kamar Tidur
  • 3 Family Room
  • Carport untuk kapasitas maks. 3 mobil
  • dll.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat Tipe Lalitha pada tautan berikut ini;

Lihat lebih lanjut mengenai rumah Lalitha

Apakah anda berminat untuk memiliki rumah split level? 

Bila anda ingin bertanya-tanya lebih lanjut mengenai cara pembayaran cash bertahap lebih lanjut, anda bisa menghubungi kami di nomor (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 878 7777 8883.

Share this News:

Latest News