Pengertian Tenor dan Pentingnya Pemahaman ini sebelum Pengajuan KPR

News

Pengertian Tenor dan Pentingnya Pemahaman ini sebelum Pengajuan KPR

10 July 2021

Anda berencana membeli rumah baru? Salah satu solusi yang kerap dilakukan oleh banyak orang adalah membeli rumah secara kredit atau KPR.

Dengan persyaratan yang terbilang mudah dan cepat, tentu saja membeli rumah secara kredit memberikan solusi bagi anda yang ingin memiliki hunian impian.

Sebelum memutuskan untuk kredit rumah, terdapat beberapa hal yang harus anda pahami. Salah satunya adalah tenor.

Hal ini wajib anda ketahui karena pentingnya perencanaan tenor dalam cicilan KPR yang akan anda ambil.

Nah, supaya anda lebih paham dan tidak salah memilih jangka waktu tenor KPR, kali ini kami akan mengulas serba-serbi tenor dalam kredit rumah.

Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Tenor

pengajuan kpr

Tenor adalah salah satu istilah umum dalam perkreditan. Tenor merujuk pada jangka waktu dari pinjaman kredit yang anda lakukan.

Anda diharuskan membayarkan cicilan berdasarkan jangka waktu yang telah disepakati di awal proses pengambilan kredit rumah. Hal ini tentunya sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Jika anda memutuskan untuk melakukan kredit rumah dalam jumlah besar, sedangkan kemampuan keuangan anda untuk membayar pinjaman tersebut tidaklah banyak, maka anda bisa mengambil tenor dalam jangka panjang.

Sebaliknya, jika anda mengambil kredit rumah dalam jumlah yang kecil, maka anda bisa mengambil tenor yang lebih singkat agar proses pelunasan bisa selesai lebih cepat.

Tenor Jangka Pendek atau Jangka Panjang?

Ada dua opsi tenor berdasarkan waktu yang ditawarkan oleh kreditur atau bank. Dua pilihan tersebut adalah;

Tenor Jangka Panjang

Pertama adalah tenor jangka panjang dengan waktu pengembalian mulai dari 3 hingga 20 tahun.

Namun, tidak semua orang bisa memperoleh fasilitas tenor jangka panjang karena pertimbangan dari kreditur yang tidak ingin mengambil resiko.

Hal ini biasanya terjadi bila pemohon tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Selain itu, persyaratan untuk mengambil tenor panjang pun biasanya lebih rumit untuk memastikan debitur mampu melunasi cicilan.

Tenor Jangka Pendek

Sedangkan tenor jangka pendek adalah masa pengembalian pinjaman mulai dari 1 bulan hingga 3 tahun lamanya.

Namun, umumnya opsi tenor ini tak berlaku untuk KPR rumah yang notabene adalah pengajuan pinjaman kepada bank.

Bila anda ingin membeli rumah dengan tenor jangka pendek, anda bisa melakukan pembelian rumah secara cash bertahap. Dimana perjanjiannya dilakukan dengan pihak pengembang.

 

Baca tentang Cara Pembelian Rumah secara Cash Bertahap

 

Tenor dalam KPR

Jika telah memutuskan untuk mengajukan KPR, anda harus menyesuaikan jumlah cicilan setiap bulan berdasarkan tenor pelunasan cicilan tersebut.

Apabila anda berencana untuk mengambil kredit rumah dengan tenor panjang di atas 10 tahun, terdapat keuntungan yang bisa anda rasakan, misalnya jumlah uang muka yang lebih kecil sehingga membuat anda bisa lebih cepat mendapatkan rumah impian.

Namun ada satu hal yang perlu anda pertimbangkan, bila anda memilih tenor panjang atau diatas 10 tahun, maka akumulasi pembayaran bunga jadi lebih besar.

Jika anda memilih tenor sedang di bawah 10 tahun, maka ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan, seperti jumlah DP yang jauh lebih besar.

Suku Bunga dalam KPR

Selain tenor, anda juga harus memperhatikan suku bunga sebelum memutuskan untuk kredit rumah.

Dalam Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, terdapat opsi suku bunga tetap (fixed rate) yang jumlahnya tidak mengalami perubahan selama proses angsuran KPR berjalan.

Hal ini tentu saja menguntungkan pihak pembeli karena tidak ada kenaikan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

Ada juga suku bunga mengambang (floating rate) yang jumlahnya terus mengalami penyesuaian berdasarkan tingkat bunga kredit yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Menentukan Tenor KPR Sesuai Kemampuan Anda

tenor kpr dan pengeluaran bulanan

Saat anda memutuskan mengajukan KPR, anda diharuskan berkomitmen penuh mengangsur sesuai jumlah yang telah ditentukan menurut pilihan tenor anda.

Ada beberapa hal yang bisa anda pakai sebagai acuan sebelum anda menentukan jangka waktu tenor anda.

Pertama, pilihlah rumah sesuai kebutuhan dan memberikan benefit bagi anda.

Misalnya dengan membeli rumah saat ada promo rumah full furnished. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli furniture untuk mengisi rumah baru anda.

Selain itu, pahami juga kemampuan keuangan anda dalam membayar cicilan setiap bulan.

Pastikan untuk tidak memaksakan diri mengambil cicilan dengan jumlah terlalu besar.

Meskipun anda mendapatkan opsi cicilan yang lebih kecil dengan tenor panjang, tapi anda juga tetap harus mempertimbangkan resiko lain, misalnya kemungkinan kehilangan pekerjaan ataupun pendapatan di masa depan.

 

Baca juga tentang syarat pengajuan KPR

 

Semoga artikel kami terkait tenor di atas, bisa membantu anda dalam mengambil keputusan secara tepat saat ingin mengajukan KPR.

Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Lavanya Hills Residences? Kami memiliki beberapa penawaran menarik diantaranya yang bisa anda cek disini

Tinggalkan pesan di live chat kami dan tim kami akan membantu anda!

Anda juga bisa mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor kami di 0878 7777 8883

Share this News:

Latest News