Perbedaan Antara Townhouse dan Rumah Cluster

News

Perbedaan Antara Townhouse dan Rumah Cluster

30 April 2021

Dari sekian banyak tipe rumah, townhouse dan rumah cluster adalah beberapa model rumah yang sering sekali anda jumpai saat anda sedang berburu hunian impian anda.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan keduanya.

Bagi anda yang hendak membeli rumah, perlu bagi anda untuk bisa membedakan kedua tipe hunian ini.

Berikut adalah informasi yang harus diketahui seputar town house dan rumah cluster serta apa saja yang membedakan keduanya.

Pengertian Rumah Townhouse

Townhouse adalah kompleks hunian yang umumnya berlokasi di tengah kota dengan rumah berbentuk serupa dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Komplek hunian yang satu ini banyak sekali diminati, terutama untuk para ekspatriat, karena tipenya lebih eksklusif. Biasanya, rumah ini dilengkapi dengan one gate system atau sistem keamanan satu akses.

Pengertian Rumah Cluster

Sementara itu, cluster umumnya terdiri dari kumpulan rumah yang dibangun dengan bentuk serupa tanpa pagar, hanya dibatasi tembok beton antar rumah.

Biasanya rumah cluster ini dibangun di sebuah wilayah pada pinggiran kota yang masih sunyi dan asri.

Perbedaan Antara Townhouse dan Rumah Cluster

Sekarang kita akan mencoba menelaah satu persatu, hal apa saja yang membedakan kedua jenis hunian favorit ini;

1. Konsep

Townhouse awal mulanya dibangun untuk memenuhi kebutuhan hunian para ekspatriat yang tinggal di Indonesia. Oleh karena itu, biasanya tipe perumahan ini lebih eksklusif serta memiliki harga yang lebih mahal karena terletak di area perkotaan yang dekat dengan berbagai fasilitas umum dan perkantoran.

Sedangkan rumah cluster umumnya dikelilingi oleh pagar pembatas yang cukup tinggi, sehingga terkesan tertutup. Dilengkapi dengan keamanan yang baik, tipe perumahan yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat ekonomi menengah.

2. Jumlah Rumah

Jumlah rumah adalah perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis hunian ini. Biasanya, di dalam sebuah townhouse, hanya terdapat sekitar 10 hingga 30 unit rumah karena jumlahnya yang dibatasi.

Sedangkan cluster dibangun di sebuah lahan dengan luas yang dapat mencakup 100 hingga 300 hunian dalam satu komplek perumahan.

Terlebih, di dalam cluster, kompleks rumah masih terbagi lagi ke dalam beberapa kelompok yang biasanya memiliki desain rumah berbeda.

3. Fasilitas

Terakhir adalah perbedaan fasilitas dari kedua kompleks ini.

Biasanya, townhouse memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan rumah cluster.

Fasilitas yang biasa ditemukan di dalam sebuah townhouse meliputi jogging track, taman, coworking space, club house, dan masih banyak lagi.

Sedangkan fasilitas rumah cluster tidak selengkap yang dimiliki oleh rumah townhouse, walaupun tentu saja ada beberapa fasilitas penunjang yang diberikan oleh pihak developer.

Lavanya Hills Residences, Perumahan Eksklusif di Cinere, Depok berkonsep kombinasi Townhouse dan Rumah Cluster.

Lavanya Hills Residences sendiri adalah perumahan eksklusif berkonsep kombinasi townhouse dan cluster yang berlokasi di Cinere. Dimana Cinere, seperti anda tahu merupakan perbatasan antara Kota Depok dan Jakarta Selatan.

Kawasan ini adalah kawasan berkembang yang dilengkapi dengan berbagai infrastruktur jalan Tol, dan fasilitas umum, seperti rumah sakit, sekolah dan pusat perbelanjaan.

Lavanya Hills Residences berdiri diatas lahan seluas 9.5 Ha, dimana di dalamnya terbagi menjadi beberapa cluster, yang setiap clusternya berisi 10-30 rumah dengan konsep townhouse.

Perumahan eksklusif ini dilengkapi juga dengan green spine atau jogging/bicycle track, taman bermain untuk keluarga, dan clubhouse. Sama seperti perumahan townhouse pada umumnya, Lavanya Hills Residences memiliki akses satu gerbang atau one-gate system dan keamanan 24 jam penuh.

Lihat sitemap perumahan Lavanya Hills Residences 

Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai perumahan Lavanya Hills Residences?

Kami siap membantu anda di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 878 7777 8883

 

Share this News:

Latest News