Pilih Mana: Investasi Rumah atau Beli Mobil?

News

Pilih Mana: Investasi Rumah atau Beli Mobil?

07 January 2021

Saat ini banyak generasi milenial yang sudah merasakan kesuksesan di usia yang masih terbilang muda. Memiliki uang sendiri di usia muda, mulai menggelitik para generasi ini untuk membuktikan kesuksesannya. Pilihan pembuktian tersebut ada diantara investasi rumah atau beli mobil?

Memiliki pekerjaan tetap dan pendapatan besar setiap bulannya, membuat anda ingin segera memakainya. Terlebih lagi, generasi di usia ini belum mempunyai tanggungan keluarga.

Generasi muda adalah generasi dengan gengsi yang tinggi, biasanya banyak yang memilih untuk membeli mobil karena bisa dibawa dan dipamerkan di pergaulannya.

Namun pandemi pada tahun lalu seperti mengajarkan kepada kita bahwa:

  1. Tidak ada yang namanya pekerjaan “aman”.
  2. Pentingnya berinvestasi dan memiliki dana darurat.

Disini pilihan investasi menjadi mutlak dimiliki, baik anda seorang pegawai, pengusaha, ibu rumah tangga, siapapun anda. Karena investasi adalah jaminan hari tua anda.

Mari kita telaah tentang dua pilihan yang menjadi topik artikel ini.

Skala Prioritas

Langkah pertama yang harus anda pertimbangkan adalah memilah prioritas kebutuhan hidup. Hal ini bertujuan supaya anda memilih mana kebutuhan yang sangat penting dan mana yang tidak.

Bila anda masih belum yakin untuk mengambil keputusan, sebaiknya coba pertimbangkan dari sisi nilai manfaat antara rumah dengan mobil.

Rumah, seperti kami bahas pada poin pertama adalah salah satu kebutuhan primer, yaitu sebagai kebutuhan tempat tinggal.

Sedangkan mobil adalah alat transportasi yang fungsinya sebagai alat perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya.

Jadi apakah poin ini sudah bisa memantapkan pilihan anda? Bila masih belum juga mari kita lihat poin berikutnya.

Pengeluaran Bulanan

Banyak yang menganggap bahwa cicilan untuk KPR memiliki pengeluaran kasat mata yang sangat besar dan menghabiskan separuh lebih pos pendapatan bulanan mereka.

Tapi sadarkah anda bahwa dengan memiliki mobil, anda malah mengeluarkan biaya tak kasat mata yang justru menggerogoti alokasi pendapatan bulanan anda?

Sebagai gambaran mari kita lihat ilustrasi ini.

Investasi rumah memang membutuhkan dana besar untuk uang muka. Kemudian anda diharuskan mencicil harga rumah sesuai tenor. Bisa 10, 15 atau 20 tahun.

Uang muka mobil jauh lebih kecil dari rumah, untuk jangka waktu tenor rata-rata selama 5 tahun.

Kemudian cicilan KPR per bulannya dan cicilan mobil anda anggaplah sama-sama 10 juta. Namun ternyata ada pengeluaran tambahan untuk mobil anda, bisa dari biaya servis, kerusakan mesin, ganti oli atau suku cadang dan masih banyak lagi.

Bila di total jumlahnya bisa malah lebih besar dari cicilan KPR anda.

Tersedia Alternatif Transportasi

Saat ini semakin banyak alternatif transportasi yang bisa membantu dan mendukung aktivitas anda.

Jika anda membeli mobil untuk penunjang mobilitas, masih banyak kok kendaraan yang lebih terjangkau untuk dibeli, sepeda motor misalnya.

Lavanya Hills Residences adalah sebuah kawasan hunian yang terletak di perbatasan Jakarta Selatan dan Depok. Hanya berjarak sekitar 10-15 menit dari stasiun MRT Lebak Bulus dan Fatmawati. Selain itu dari Lavanya Hills Residences, anda hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk tiba di Terminal Bus Ragunan.

Dengan menggunakan moda transportasi publik ini anda juga telah turut serta untuk mengurangi tingkat kemacetan dan polusi di Jakarta.

Baca juga tentang keuntungan memiliki rumah di cinere depok

Visi Jangka Panjang

Dari sisi investasi, rumah memiliki potensi nilai jual yang selalu bertambah setiap tahunnya. Sebaliknya, nilai jual mobil malah semakin menyusut dari waktu ke waktu.

Walaupun mungkin saat ini anda belum berkeluarga dan belum memiliki tanggungan yang banyak, namun sudah sebaiknya anda memiliki perencanaan masa depan anda dan keluarga anda nantinya.

Anggaplah sebuah rumah dan sebuah mobil sama-sama berumur 10 tahun, manakah yang lebih menguntungkan? Anda pasti bisa menjawabnya.

Dari nilai investasi diatas anda tentu sudah semakin mantap untuk memilih antara investasi rumah atau beli mobil.

 

Lavanya Hills Residences ingin membantu anda mewujudkan hunian impian anda sekaligus memfasilitasi platform investasi anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara berinvestasi di Lavanya Hills Residences secara lebih mendetail, kami siap membantu anda di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News