Posisi Duduk yang Benar Saat Kerja dari Rumah

News

Posisi Duduk yang Benar Saat Kerja dari Rumah

20 March 2021

Sebagai profesional yang bekerja di kantor, bila dihitung dalam satu hari mungkin kita bisa menghabiskan waktu antara 8 sampai 10 jam hanya untuk duduk.

Dimulai dari pagi hari, saat kita berkendara menuju tempat kerja, di dalam kantor, istirahat makan siang bahkan saat beribadah pun kita melakukan gerakan duduk.

Hal ini bisa menjadi semakin parah dengan adanya kebijakan bekerja dari rumah. Pola pikir bersantai di rumah yang dikombinasi dengan stres saat bekerja, bisa berujung anda berada pada posisi duduk yang salah selama seharian penuh.

Keharusan untuk bekerja dari rumah membuat banyak orang berusaha melakukan penyesuaian. Selain waktu kerja yang amat sangat fleksibel, pakaian yang dikenakan, hingga hal penting yang mungkin sering anda lupakan bila sudah terlalu asyik bekerja:

Posisi Duduk.

Faktanya banyak orang tidak memiliki kursi kantor yang tepat di rumah, sehingga posisi duduk anda menjadi kurang baik saat bekerja di ruang tamu, kamar, hingga dapur.

Seorang ahli terapi fisik dan juru bicara American Physical Therapy Association, Eric Robertson, menjelaskan seseorang harus peka terhadap postur dan rutinitasnya dalam bekerja, sehingga bisa mengurangi stres dan ketegangan yang mungkin muncul ketika orang tersebut berada di dalam posisi duduk yang tidak nyaman.

Agar Tidak Sakit Punggung, Perhatikan Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja dari Rumah

Posisi duduk yang salah dapat menimbulkan penyakit pada tulang belakang yang apabila tidak ditangani sedini mungkin efek sampingnya baru akan terasa di masa yang akan datang.

Salah posisi duduk bisa menyebabkan tubuh dan punggung menjadi sakit. Bahkan kebiasaan duduk di posisi membungkuk, membuat tubuh anda memiliki postur yang kurang baik.

Ada beberapa cara untuk tetap nyaman saat anda bekerja di rumah.

1. Ubah Postur Tubuh Sesering Mungkin

Misalnya, anda bisa memulai bekerja di meja ruang tamu, lalu beralih ke posisi berdiri atau duduk di sofa empuk. Usahakan berganti posisi setiap 30 - 60 menit.

2. Sisipkan Bantal di Kursi

Menempatkan bantal tipis di bawah kursi bisa membuat jauh lebih nyaman.

Hal ini juga bisa mencegah tulang ekor anda cedera, karena menahan berat tubuh anda dalam waktu yang lama pada permukaan kursi yang keras.

3. Tambahkan Handuk Gulung untuk Penyangga Pinggang

Jika anda menderita sakit punggung bagian bawah, bantal penyangga pinggang yang terletak di belakang panggul terbukti meningkatkan kenyamanan saat duduk. Handuk gulung ini juga bisa menahan posisi punggung anda menjadi tegak.

Hindari juga memutar pinggang tiba-tiba bila ingin mengambil sesuatu yang berada di belakang anda. Gerakan memutar ini bisa mencederai otot anda.

4. Perhatikan Posisi Kaki

Posisi duduk yang ideal dan nyaman saat duduk dalam waktu lama adalah posisi kaki yang menyentuh lantai dan membentuk 90 derajat. Pastikan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul, agar posisi duduk anda proporsional.

Bila meja kerja anda memilikinya, biasakan kaki anda berpijak pada palang kayu yang ada di bawah meja. Dengan berpijak, kaki akan berada pada posisi tegak dan membuat tubuh Anda otomatis berada pada posisi duduk yang benar.

5. Atur Layar Monitor

Posisi terbaik atau ideal adalah bagian atas layar harus tepat di bawah ketinggian mata, sehingga anda tidak kesulitan melihat layar.

Posisikan juga kursi anda dekat dengan meja. Semakin dekat dengan meja tempat anda bekerja, semakin sedikit pula otot yang bekerja untuk menariknya.

Posisi meja yang terlalu jauh akan membuat postur duduk anda menjadi membungkuk tanpa anda sadari.

6. Jangan Lupa Peregangan

Saat anda berada di kantor, anda bisa beristirahat dengan berjalan-jalan di sekitar ruangan. Tetapi ketika anda berada di rumah ada kecenderungan untuk melupakan hal ini. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak.

Regangkan sesekali lengan dan siku Anda sehingga bahu akan terasa lebih rileks.

Baca juga mengenai profesi kerja dari rumah

Demikian sharing tips yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat bagi anda dan dapat membuat produktivitas kerja dari rumah anda semakin meningkat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lavanya Hills Residences atau anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penawaran spesial kami, kami siap membantu anda di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

 

Share this News:

Latest News