Tips Memilih Rumah Bebas Banjir

News

Tips Memilih Rumah Bebas Banjir

14 March 2021

Berbicara tentang banjir, seperti tak ada habisnya. Beberapa kawasan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menjadi langganan tetap banjir musiman yang terjadi di daerah ibu kota. Berbagai cara penanggulangan sudah dilakukan namun banjir masih tetap menjadi momok bagi warga ibukota dan sekitarnya.

Pengalaman berulang ini menjadikan faktor memilih rumah bebas banjir di Jakarta dan sekitarnya menjadi salah satu faktor penentu, sebelum seseorang memutuskan untuk memiliki hunian di salah satu perumahan.

Lalu apa saja yang harus anda perhatikan untuk memastikan hunian pilihan anda bebas dari banjir?

Bagaimana Cara Memilih Rumah Bebas Banjir?

Sejumlah daerah, termasuk kota-kota besar di Indonesia, kerap menjadi langganan banjir. Kami memiliki beberapa tips bagi anda sebelum anda memilih sebuah hunian bagi anda. Apakah saja itu? Mari kita lihat satu persatu;

1. Pilih Kawasan yang Bebas dari Banjir

Tips pertama untuk memilih rumah bebas banjir adalah hindari lokasi atau kawasan yang sering menjadi langganan banjir. Anda bisa memperoleh informasi tersebut dari mana saja, misal dari teman, saudara yang tinggal di lokasi tersebut, atau media sosial yang sering mengulas info-info terupdate seputar kejadian di kota anda.

Bahkan kini ada sejumlah peta online, salah satunya Anda bisa mengakses laman BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di bnpb.go.id. untuk mencari informasi kawasan mana saja yang sering terkena banjir.

Lavanya Hills Residences berada di lokasi yang lebih tinggi dari sekitarnya, sehingga sangat aman dari ancaman banjir tahunan yang mengancam area Jabodetabek.

2. Cek Perumahan yang Memiliki Saluran Pembuangan Sistematis

Pastikan perumahan dan lingkungan sekitarnya memiliki saluran pembuangan limbah yang sistematis. Perhatikan kondisi sungai dan saluran air limbah yang ada di sekitar lokasi. Anda perlu sedikit meluangkan waktu untuk mengeksplorasi lokasi secara menyeluruh.

Ingat, lokasi perumahan yang berdekatan dengan sungai yang besar, berpotensi banjir sebab rentan meluap saat hujan. Meskipun tidak berdekatan dengan sungai, bila rumah tidak memiliki sistem drainase yang dapat mengalirkan air hujan dengan baik, juga bisa menyebabkan banjir. Kontrol saluran air secara teratur agar rumah bebas banjir.

Lavanya Hills Residences memiliki rancangan drainase zero run off yang mampu mengalirkan air menuju ke saluran pembuangan hingga 100%. Anda tak perlu khawatir akan sistem drainase yang kami miliki.

3. Hindari Perumahan yang Berlokasi Dekat Sungai

Agar rumah bebas banjir hindari perumahan yang dekat dengan aliran sungai besar terutama yang alirannya besar. Banyak agen perumahan menawarkan konsep riverside (rumah di sebelah sungai) atau riverview (rumah dengan pemandangan sungai). Konsep seperti ini mungkin menarik, namun Anda perlu mempertimbangkan dampak dari kedekatan perumahan tersebut dengan sungai. Apakah ada potensi banjir di sana?

Selanjutnya agar rumah bebas banjir, hindari perumahan yang terletak di dekat bendungan, karena banyak kasus perumahan kebanjiran akibat tanggul jebol.

Langkah Pencegahan yang Harus Dilakukan

Perjuangan melawan banjir adalah perjuangan yang tidak bisa anda menangkan dalam semalam. Diperlukan komitmen perorangan yang dimulai dari anda dan kami untuk mencegah terjadinya banjir di lingkungan tempat tinggal anda. Hal ini antara lain;

1. Membersihkan Saluran Air Secara Teratur

Langkah rumah bebas banjir pertama, kontrol saluran air di rumah secara teratur, mulai dari saluran pembuangan air hujan dari atap, kamar mandi, dapur, dan area lainnya agar selalu lancar dan tidak mampet karena tersumbat. Selain itu pasang juga check valve untuk mencegah masuknya air banjir dari saluran air.

Bukan cuma masuk dari depan rumah, air banjir ternyata juga bisa masuk melalui saluran drainase di kamar mandi atau saluran air hujan (talang) di rumah. Hal ini justru lebih mengganggu karena tahu-tahu air sudah menggenang di dalam rumah tanpa disadari.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi dan rumah bebas banjir, cara yang paling mudah adalah menggunakan check valve. Check Valve merupakan katup penutup pipa yang berfungsi mencegah air masuk dari saluran air. Untuk memasangnya Anda bisa memanggil teknisi pipa.

Dan langkah terpenting, pastikan juga saluran air di sekitar rumah bebas banjir seperti gorong-gorong, selokan, ataupun jalan air menuju ke kali atau sungai lancar, tidak ada sampah atau apapun yang dapat menghambat lajunya air.

2. Mengatur Pembuangan Sampah

Salah satu penyebab banjir di kota-kota besar seperti Jabodetabek adalah kebiasaan masyarakatnya yang suka membuang sampah ke selokan atau ke sungai. Untuk itu mulai ubah kebiasaan buruk tersebut dari diri sendiri supaya rumah bebas banjir.

Pastikan juga agar tidak ada sampah yang menumpuk di tempat pembuangan sampah sehingga saat hujan deras tumpukan sampah tidak terbawa arus air yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada saluran air.

Kumpulkan juga sampah ke dalam 2 kantong plastik besar (sampah organik & non-organik). Selain itu lakukan koordinasi juga dengan petugas kebersihan setempat untuk mengangkut sampah di rumah secara berkala.

3. Melestarikan Zona Hijau

Menanam pepohonan yang memiliki daya serap air tinggi di halaman rumah dan kawasan permukiman rumah bebas banjir. Selain membuat udara jadi lebih segar dan mempercantik penampilan rumah dan juga lingkungan, langkah ini efektif untuk rumah bebas banjir.

Kehadiran pohon-pohon berbatang besar di rumah dapat membantu penyerapan air hujan. Beberapa contoh pohon yang wajib tanam diantaranya pacar air, pohon duku, pohon kenanga, dan pohon mangga di halaman rumah.

Bagaimana Cara Memiliki Rumah Bebas Banjir Ini?

Tidak bisa dipungkiri bahwa impian untuk memiliki rumah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda bisa memilih membeli secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah), secara cash ataupun membeli rumah secara cash bertahap.

Bagi anda yang memilih KPR, demi kelancaran pengajuan kredit pemilikan rumah anda, disarankan anda memilih bank yang sudah bekerja sama dengan Lavanya Hills Residences.

Baca juga mengenai syarat pengajuan KPR

Untuk saat ini Lavanya Hills Residences bekerja sama dengan BRI dan memberikan berbagai penawaran menarik bagi anda;

Lihat Promo Terkini

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tipe Lakshmani beserta spesifikasinya secara lebih mendetail, atau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai penawaran spesial kami, kami siap membantu anda di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883

Share this News:

Latest News