Tips Mendesain Dapur Modern ala Chef Terkenal

News

Tips Mendesain Dapur Modern ala Chef Terkenal

20 February 2021

Dapur yang bersih dan tertata cantik sepertinya adalah impian semua orang termasuk anda dan pasangan anda.

Semakin banyak acara memasak dari chef-chef terkenal, baik di televisi maupun di YouTube, membuat desain - desain dapur modern yang “tertangkap” kamera tersebut juga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk memiliki dapur modern yang cantik di rumah kita.

Bila kita bicara modern, maka hal itu bisa dipastikan tak jauh dari kata “minimalis”. Desain dapur modern yang mengedepankan fungsi namun tetap dibalut estetika ini, nampaknya semakin menjadi favorit, baik itu bagi para ibu-ibu maupun para desainer interior.

Kali ini kami ingin membahas, apa saja yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin mewujudkan desain dapur modern di rumah anda.

1. Susun Prioritas Peralatan Dapur

Hampir di semua jenis dapur, ada beberapa peralatan memasak yang wajib digunakan dan yang hanya digunakan sesekali. Anda bisa mengorganisir peralatan memasak, dari yang paling sering sampai yang jarang digunakan.

Demi efisiensi, letakkan peralatan memasak yang paling sering digunakan, seperti sendok, garpu, spatula pada tempat yang mudah dijangkau.

Pisahkan jenis pisau menurut fungsinya. Maksimalkan knife shelf dan tempatkan juga di posisi yang terjangkau. Secara rutin, rawatlah pisau-pisau anda agar tidak mudah berkarat.

2. Ilusi Ruangan Lebih Luas

Atur peralatan dapur anda sehingga kesan rapi dan bersih tetap terjaga. Tumpukan barang yang tidak terorganisir akan membuat dapur anda nampak kotor dan penuh.

Gunakan cat dinding berwarna putih yang dikombinasikan juga dengan cutleries berwarna putih juga. Piring-piring yang menumpuk seakan “menghilang” karena menyatu dengan warna dindingnya. Sehingga dapur anda akan terlihat lebih luas.

3. Pilih Furniture yang Sesuai

Pilih furniture atau perabot dapur yang senada dengan dinding anda. Utamakan pilihan memakai perabot yang ramping. Untuk memberikan banyak white space pada ruangan dapur modern anda.

Anda bisa memakai material logam stainless atau kabinet dengan bahan dasar kayu pada kitchen set anda. Stainless-steel dan kayu memiliki warna yang netral dan cocok untuk dipadukan berbagai warna lainnya. Selain itu stainless-steel juga tahan lama dalam kondisi apapun.

Table top meja dapur dari bahan granit atau marmer gelap juga bisa anda pilih. Selain mudah dibersihkan, pemakaian material ini juga berkesan mewah.

4. Rak Terbuka untuk Desain Dapur Modern Anda

Masih berhubungan poin nomor dua, penggunaan rak terbuka menimbulkan kesan luas pada dapur anda. Bila tidak ingin peralatan anda berdebu, rak dengan pintu kaca juga bisa anda pergunakan.

5. Yang Mengkilap Lebih Baik

Selain kaca, perabot dengan material mengkilap (glossy) bisa anda maksimalkan untuk menonjolkan kesan modern. Anda bisa memilih keramik untuk lantai anda, atau menata peralatan elektronik berbahan stainless-steel pada tabletop atau rak terbuka anda.

Penggunaan rak berbahan rangka stainless juga bisa anda pergunakan, mengadopsi dapur-dapur restoran terkenal atau dapur milik para celebrity chef. 

6. Update Kitchen Tools dan Furniture

Sama seperti teknologi, furniture dapur dan kitchen tools selalu mengalami pembaruan model dan fungsi. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, mana kira-kira alat dapur atau furniture yang perlu anda perbaharui.

Utamakan fungsi. Karena apalah artinya bila anda mempunyai dapur yang bisa anda pamerkan di Instagram, namun peralatan modern yang anda beli tersebut tidak pernah anda pakai untuk memasak.

7. Beri Aksen Tanaman

Aksen hijau dari tanaman akan bisa membuat desain dapur kecil terlihat menarik dan membuatnya lebih segar dan fresh.

Anda bisa membuat kitchen plants dengan menanam tanaman herbal seperti lavender, oregano atau parsley. Selain mempercantik, anda juga bisa memaksimalkan tanaman ini sebagai tambahan bahan-bahan mentah dalam masakan anda.

8. Penempatan Cahaya

Filosofi desain dapur modern ala chef adalah minimalism. Anda tidak memasang lampu gantung kristal di dapur anda. Anda hanya butuh jendela dengan ukuran besar dan penerangan artifisial secukupnya.

Jendela besar yang memungkinkan banyaknya sinar matahari, membuat anda tidak perlu mempergunakan lampu di siang hari. Selain itu, jendela yang besar juga membantu sirkulasi udara di dapur dan rumah anda menjadi baik.

Di Lavanya Hills Residences sendiri, setiap jendela di rumah Lavanya Hills Residences, dibuat tinggi dan diposisikan saling berseberangan untuk menghasilkan aliran udara yang masuk dan keluar secara alami dan maksimal.

Dengan sirkulasi udara yang lancar, maka kuman-kuman dan zat-zat kimia dapat dibuang keluar dari rumah sehingga menghentikan terbentuknya jamur yang dapat menyebabkan penghuni sakit. Bau masakan juga tidak begitu menyengat di dalam rumah anda. Penggunaan AC pun menjadi lebih sedikit.

Jika anda tertarik akan detail dan fitur yang bisa anda dapatkan di Lavanya Hills Residences, anda bisa menghubungi kami di (+62 21) 7538883 atau melalui WhatsApp di +62 819 7538 883.

Share this News:

Latest News